35 Getek Hias Pukau Ribuan Penonton Dalam COTR Di Sungai Complong Pasuruan

35 Getek Hias Pukau Ribuan Penonton Dalam COTR Di Sungai Complong Pasuruan Peserta COTR 2019 di sungai Complong, kecamatan Kejayan, kabupaten Pasuruan. Foto Iwan dayat.

kabarwarta - Tiga puluh lima getek hias menyedot perhatian ribuan pasang mata di kecamatan Kejayan, kabupaten Pasuruan dalam Carnival On The River, Minggu, (27/10/19).

COTR yang merupakan event tahunan, kali ini digelar dalam rangka peringatan hari sumpah pemuda tahun 2019.

"Ada beragam acara dalam peringatan hari sumpah pemuda, salah satunya yakni, Carnival on the river," ujar Edy Santoso selaku ketua panitia penyelenggara.

Selain diikuti oleh kelompok siswa dan siswi SMUNIKE, Getek yang diatasnya dihias beragam model kreasi dari peserta, juga diikuti oleh dinas pendidikan kabupaten Pasuruan, MKKS SMU, kominitas media sosial facebook lantas dan kriminal yang beradu kreasi diatas sungai Complong dengan panjang lintasan sejauh 500 meter.

"Tema kita kali ini, yakni, Pesona Nusantara, dimana para peserta menggunakan perahu hias dengan motif kebudayaan dari berbagai wilayah di Indonesia, dan juga dalam rangka mengampanyekan beragam suku dan budaya dalam kesatuan NKRI," tambah Edy Santoso.

Selain kreasi motif dari peserta diatas perahu, dalam event ini gerakan dan kreasi dari para peserta juga menjadi daya tarik penonton yang datang dafi berbagai wilayah di kabupaten Pasuruan, bahkan kota diluar Pasuruan seperti Surabaya dan Malang.

Getek yang dirakit oleh peserta terbuat dari recycle yang dimodif sedemikian rupa hingga memukau penonton COTR. "Dengan digelarnya acara ini, yang bertema pesona nusantara, kami berharap masyarakat, khususnya di kabupaten Pasuruan tetep menjaga kesatuan dan persatuan NKRI, meskipun berbeda ragam budaya dan adat istiadat," pungkas Edy Santoso.(dyt)