Ada PPKM, Tempat Wisata Di Mojokerto ini Masih Ramai Dikunjungi Wisatawan Lokal

Ada PPKM, Tempat Wisata Di Mojokerto ini Masih Ramai Dikunjungi Wisatawan Lokal Wisatawan lokal di gerbang masuk Candi Jolotundo, Seloliman, Trawas, Mojokerto. Foto Iwan dayat

Mojokerto, Kabarwarta.id - Ada PPKM (Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) Tempat wisata di kabupaten Mojokerto ini masih ramai dikunjungi wisatawan domestik.

Adalah Jolotundo, tempat yang dikenal sebagai Candi dan petirtaan serta tempat penyimpanan sejumlah patung peninggalan jaman dulu dan berada di Desa Seloliman, kecamatan Trawas, kabupaten Mojokerto.

Puluhan wisatawan domestik yang didominasi berasal dari kota Surabaya dan Sidoarjo mendatangi tempat yang dikenal sakral dan memiliki aroma mistis yang kuat ini dengan beragam tujuan. Diantaranya adalah mandi atau melakukan ritual sembayang yang berada di puncak petirtaan Jolotundo.

"Sudah tiga hari ini Jolotundo dibuka sampai malam. Sebelumnya pintu gerbang ditutup pukul 17.00 wib," Ujar Sutasmi, salah satu warga Seloliman, senin (11/1/21).

Candi Jolotundo dan petirtaanya berada di lereng gunung Penanggungan dan seringkali dipadati pengunjung pada saat malam tertentu.

"Ramainya pada malam jum at legi dan malam bulan purnama. Puncaknya saat malam 1 Syuro dan hal ini berakibat pada tempat parkir roda dua dan mobil selalu penuh," papar Sutasmi.

Di sekitar candi Jolotundo juga terdapat tempat semedi atau Mahapatih Narotama dan pos pendakian untuk menuju puncak gunung Penanggungan yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH (kawasan pemangku hutan) Pasuruan.

Warga bersama PKL ditempat ini mengak belum mengetahui jika ada penerapan PPKM di wilayah provinsi Jawa Timur.

"Belum tahu mas, karena baru beberapa hari ini pengunjung jumlahnya meningkat pasca ditutup pada tahun 2020 kemarin," tutup Sutasmi.

Selain mandi dan ritual, pengunjung juga berbondong - bondong mengambil air dari candi Jolotundo yang konon katanya memiliki khasiat dan tingkat PH mineral terbaik nomor dua di Dunia setelah air Zam - Zam.(dyt)