Ajukan Puluhan Miliar Rupiah Ke Pemerintah Pusat Untuk Wisata Cengho

Ajukan Puluhan Miliar Rupiah Ke Pemerintah Pusat Untuk Wisata Cengho  Kawasan wisata Cengho Pandaan, Kabupaten Pasuruan

Pasuruan, kabarwarta.id - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengungkapkan pihaknya tengah berupaya mengajukan  puluhan Miliar rupiah untuk peremajakan Pasar Wisata Cheng Hoo di Pandaan.

"Kami tengah mengajukan proposal kepada pemerintah pusat dengan anggaran 42 Miliar rupiah. Dan kami berharap proyek ini dapat direalisasikan pada 2024," kata Irsyad Yusuf.

Melalui Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan mengalokasikan dana sebesar Rp 42 miliar untuk revitalisasi kawasan pasar wisata di Masjid Cheng Hoo Pandaan.

"Kami memiliki niatan kuat untuk merubah kawasan ini dengan tujuan meningkatkan daya tarik wisata dan memberikan dukungan kepada pelaku UMKM lokal yang sedang bertumbuh," Urai Irsyad Yusuf.

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik dan kapasitas kawasan tersebut. Dan rencana pengembangan Cheng Hoo akan melibatkan penataan komprehensif di area Pasar Wisata Masjid Cheng Hoo Pandaan.

Saat ini sedang Pemkab Pasuruan tengah mengajukan anggaran sebesar Rp 42 miliar kepada pemerintah pusat dan rencana revitalisasi mencakup berbagai aspek, termasuk penataan pedagang kaki lima (PKL) yang semakin menjamur di kawasan Cheng Hoo. Selain itu, juga akan ada perubahan pada gedung Dekopin agar sesuai dengan estetika masjid Cheng Hoo Pandaan.

"Seluruh elemen akan diintegrasikan dengan baik, mulai dari pasar wisata hingga masjid serta area sekitarnya. Kami juga akan memberikan perhatian khusus pada PKL dengan pembangunan lapak atau kios yang lebih modern," terangnya.(dyt)