Analisis Jejaring Sosial Dalam Hubunganya Bisnis Online

Analisis Jejaring Sosial Dalam Hubunganya Bisnis Online Foto ilustrasi oleh Alyanadi

Malang, kabarwarta.id - Belakangan ini jejaring sosial mulai pesat perkembangannya di sekitar kita. Bahkan penggunanya sangat banyak dan hampir keseluruhan dari berbagai kalangan dan usia.

Analisis jaringan sosial menyudut pandangkan pada hubungan sosial sebagai suatu simpul dan ikatan. Dimana simpul tersebut adalah individu di dalam jaringan sedangakan untuk ikatan merupakan hubungan antar individu tersebut.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari jejaring sosial. Salah satunya adalah jangkauan tidak terbatas sehingga kita dapat saling berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja dan selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai kontrol sosial masyarakat terhadap pemerintah.

Jaringan sosial memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Ratusan juta masyarakat berpatisipasi dalam jaringan sosial dan jumlahnya meningkat dari hari ke hari. Jaringan sosial telah banyak membatu masyarakat pada setiap bidang kehidupan seperti bidang, nbisnis, pendidikan, dan politik.

Dunia di bidang ekonomi saat ini telah memamasuki era digital, dimana media elektronik yang telah canggih dan teknologi komunikasi sudah membuat interaksi diantara perusahaan dan calon konsumennya.

Perkembangan internet dan media sosia telah banyak membantu para pengusaha baru. Internet merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan komunikasi pemasaran.

Perusahaan memanfaatkan media sosial online dalam mempromosikan merek dan mendukung pembentukan komunitas merek perusahaan tersebut. Begitupun terdapat perubahan-perubahan yang terjadi, yaitu pola komunikasi di kalangan masyarakat. Sekarang ini banyak masyarakat yang menggunakan media sosial mulai dari kalangan bawah maupun atas, remaja, orang dewasa, dll.

Agensi marketing We are Social dan manajemen media sosial Hootsuite menggungkapakan hampir separuh dari penduduk Indonesia telah melek atau aktif menggunakan media sosial di tahun 2021.

Pengguna media sosial yang aktif saat ini meningkat 10 juta atau sekitar 6,3% dibanding tahun lalu. Menurut hootsuite rata-rata Indonesia dapat menghabiskan 3 jam 14 menit sehari dalam mengakses media sosial. M

sosial (sosial media) adalah sebuah media daring yang digunakan oleh pengguna untuk memudahakan berpartisipasi, berinteraksi, berbagai, dan menciptakan suatu hal yang baru tanpa dibatasi ruang dan waktu. Media sosial sendiri juga di manfaat ole para pembisnis.

Adapun beberapa media sosial yang sering digunakan oleh pembisnis online dianataranya; facebook, Youtube, Instagram, pinterest, blog, dll.

Dampak positif media sosial menurut Zukria (dalam Kairuni, N. 2016) adalah: Mempermudah kegiatan belajar, karena dapat digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi dengan teman sekolah tentang tugas (mencari informasi). Mencari dan menambah teman atau bertemu kembali dengan teman lama. Baik itu teman di sekolah, di lingkungan bermain maupun teman yang bertemu melalui jejaring sosial lain.

Menghilangkan kepenatan pelajar, itu bisa menjadi obat stress setelah seharian bergelut dengan pelajaran di sekolah. Misalnya, mengomentari situs orang lain yang terkadang lucu dan menggelitik, bermain game, dan lain sebagainya.

Dampak negatif yang ditimbulkan dari media sosial adalah: Berkurangnya waktu belajar, karena keasyikan menggunakan media sosial. Mengganggu konsentrasi belajar di sekolah. Merusak moral pelajar, karena sifat remaja yang labil, mereka dapat mengakses atau melihat gambar porno milik orang lain dengan mudah.

Menghabiskan uang jajan, untuk mengakses internet. Mengganggu kesehatan, terlalu banyak menatap layar handphone maupun komputer atau laptop dapat mengganggu kesehatan. karakteristik yang biasanya dimiliki oleh media sosial, antara lain: Participation (keikutsertaan), yaitu media sosial memberikan konstribusi dan umpan balik bagi orang-orang yang tertarik. 

Opanes (keterbukaan), sebagian besar media sosial terbuka untuk menerima suatu umpan balik dan partisipasi. Conversation (percakapan), media sosial menggunakan cara berkomunikasi yang lebih baik, yaitu menggunakan metode percakapan komunikasi dua arah. Community (masyarakat), media sosial memungkinkan komunitas untuk terbentuk dengan cepat dan dapat berkomunikasi dengan efektif. Dikarenakan komunitas tersebut adalah tempat orang-orang berbagi dengan minat yang sama.

Connectedness (menghubungkan), sebagian besar jenis media sosial berkembang karena keterhubungan mereka. Dari karakteristik diatas dapat dilihat bahwa setiap pengguna media sosial dituntun untuk berpartisipasi dalam suatu komunitas dan jaringan dalam lingkup yang luas, tidak hanya skala nasional tetapi merambah skala global. Dengan memanfaatkan media sosial yang semakin canggih, maka semakin banyak pula pembisinis baru yang memanfaatkan hal tersebut untuk menciptakan inovasi-inovasi baru guna mengebangkan dan memepertahankan usahanya.

Toko online berasal dari dua suku kata, yakni toko dan online. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, toko berarti sebuah tempat atau bangunan permanen untuk menjual barang-barang (makanan, minuman, dan sebagainya). Sedangkan online yang terjemahan bahasa Indonesianya adalah dalam jaringan atau disingkat daring menurut wikipedia adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan atau sistem yang lebih besar. 

Bisnis online ini menjadi bisnis yang berpeluang besar karena tidak adanya batas pasar, Semua orang di seluruh penjuru dunia dapat mengakses bisnis melalui website kita, bisnis ini juga dapat buka 24 jam, dan tidak membatasi waktu.

Biodata penulis :

Nama : Alfyanadi Rachmawan Mukti

Alamat : Jl. Perumnas No 8A RT 04 RW 02 Kampung Empat, Tarakan Timur Kota Tarakan Kalimantan Utara

Email : Alfyrchmawan20@gmail.com

Pekerjaan : Mahasiswa