Analisis Media Online Sebagai Komunikasi Bisnis Untuk UMKM Bakery

Analisis Media Online Sebagai Komunikasi Bisnis Untuk UMKM Bakery Roti produk UMKM. Foto Iw

Sidoarjo, kabarwarta.id - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa media online sebagai komunikasi bisnis pada UMKM Romadhoni Bakery Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif deskriptif yang pengumpulan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan studi dokumentasi.

Diperoleh hasil penelitian melalui wawancara dengan pihak UMKM Romdhoni Bakery Sidoarjo bahwa media online sebagai komunikasi bisnis UMKM Romdhoni Bakery Sidoarjo sudah dijalankan dengan baik, adapun komunikasi binis yang dilakukan dengan media online meliputi, promosi dan penjualan produk.

Dalam melakukan promosi dan penjualan produk melalui media online, Romadhoni Bakery Sidoarjo sering memanfaatkan beberapa aplikasi untuk menawarkan produk kepada konsumen seperti Whatsapp, Instagram dan lain sebagainya, bagi kami semua aplikasi tersebut sangat membantu sebagai strategi komunikasi bisnis antara penjual dan konsumen tanpa harus berinteraksi secara langsung.

Kata Kunci, Media online, komunikasi bisnis dan UMKM. ABSTRACT This study aims to analyze online media as business communication at the UMKM Romadhoni Bakery Sidoarjo.

This study uses a descriptive qualitative method of collecting data obtained through interviews, observations, literature studies, and documentation studies. The research results obtained through interviews with the MSME Romdhoni Bakery Sidoarjo that online media as business communication for MSME Romdhoni Bakery Sidoarjo has been carried out well, while business communication is carried out with online media including product promotion and sales.

In promoting and selling products through online media, Romadhoni Bakery Sidoarjo often uses several applications to offer products to consumers such as Whatsapp, Instagram and so on, for us all these applications are very helpful as a business communication strategy between sellers and consumers without having to interact directly .

Keywords: Online media, business communication and UMKM.

Berbagai aktivitas bisnis baik dari skala besar, skala menengah, maupun skala kecil, dipengaruhi oleh adanya teknologi informasi yang kini berkembang begitu pesat di pasar global.

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, hal tersebut mampu membantu kalangan masyarakat dalam meningkatkan tingkat penjualan dan memiliki dampak yang nyata dalam kegiatan bisnisnya.

Jaringan teknologi informasi menjangkau masyarakat secara luas dari berbagai wilayah untuk aktif dalam aktivitas jual beli pada ruang lingkup media online maupun marketplace.

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah berpengaruh dalam menjalankan bisnis.

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini harus diimbangi dengan kemampuan para pebisnis untuk bisa mengoperasikan teknologi tersebut dengan semaksimal mungkin.

Para pengusaha dituntut untuk bisa menganalisa dan juga mempertimbangkan banyaknya pesaing pasar global, yang menyebabkan timbulnya persaingan yang cukup sengit diantara para pengusaha.

Dalam meningkatkan volume penjualan dan mencapai laba usaha sesuai dengan target yang ditetapkan, perlu adanya strategi, media, sarana dan prasarana pemasaran yang tepat untuk bisa meraih sasaran pasar yang menjadi target dan objek yang dituju.

Media online dan marketplace merupakan salah satu bentuk media pemasaran belanja online yang menjadi pusat perhatian berbagai kalangan masyarakat, yang dimana media online dan marketplace ini memberikan pengaruh begitu besar terhadap bisnis seseorang.

Masyarakat mulai terbiasa menggunakan model pemasaran terbaru dari pada model pemasaran konvensional.

Dengan menggunakan media online dan marketplace, mempermudah masyarakat dalam akses komunikasi dan transaksi dengan efektif dan efisien, serta jaringan yang luas dan mendunia.

Dalam hitungan hari ke hari, semakin bertambahnya jumlah pengguna media online dan marketplace, sehingga membantu para pengusaha dalam membuka peluang UMKM dan lapangan pekerjaan, dalam mengembangkan ruang lingkup pasar global hanya dalam media berbasis chat yang tersedia pada telepon genggam.

Menurut sutikno (2018:144), menyatakan bahwa media sebagai alat untuk memberitahu dan menginformasikan sesuatu kepada orang lain.

Media online merupakan alat yang digunakan oleh seseorang untuk memberikan informasi tanpa harus berinteraksi secara langsung (Imam, 2017).

Media pemasaran media online dan marketplace merupakan contoh platform digital yang kini semakin perlahan mengubah cara pandang komunikasi bisnis dalam target pemasarannya.

Masyarakat mulai mengenal banyak sosial media yang nyaman digunakan dan banyak menarik minat konsumen, seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter, Shopee, dan Marketplace lainnya yang memaksa para pelaku usaha untuk merubah model komunikasi dari konvensional menjadi modern.

Komunikasi bisnis menjadi bagian penting yang harus dimiliki setiap pebisnis agar bisa menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dijual.

Menurut regar (2018), komunikasi bisnis merupakan aktivitas memberikan informasi kepada seseorang dengan tujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa agar lebih dikenal dan konsumen tersebut tertarik untuk membelinya.

Komunikasi bisnis yang efektif adalah komunikasi yang disampaikan dengan cara yang sesuai dengan etika dan dapat membangun interaksi timbal balik yang baik antara komunikator dan konsumen (Hamdi, 2019:22).

UMKM menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) penyebutkan definisi UMKM adalah sebagai berikut:

Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari Usaha Menengah atau Usaha Besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.

Romadhoni Bakery merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang sudah memiliki banyak pelanggan.

Banyak produk roti dari Romadhoni Bakery yang menjadi favorit pelanggan, hal tersebut karna produk roti yang diproduksi memiliki rasa yang enak dan harga yang terjangkau, selain itu faktor komunikasi bisnis yang dijalankan dengan baik membuat Romadhoni Bakery cepat dikenal oleh masyarakat.

Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh terkait media online sebagai komunikasi bisnis pada UMKM Romadhoni Bakery Sidoarjo, dengan judul “Analisis Media Online Sebagai Komunikasi Bisnis Pada UMKM Romadhoni Bakery Sidoarjo”.

Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, dapat dirumuskan permasalahan penelitian ini sebagai berikut, Bagaimana penggunaan media online sebagai komunikasi bisnis pada UMKM Romadhoni Bakery Sidoarjo ? Tujuan Penelitian Terdapat tujuan dalam penelitian ini yaitu, Untuk menganalisis bagaimana penggunaan media online sebagai komunikasi bisnis pada UMKM Romadhoni Bakery Sidoarjo KAJIAN PUSTAKA Media Online Definisi media online menurut Cross (2016:11), yaitu “Media online adalah sebuah istilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web.

Internet selalu mengalami perkembangan, maka berbagai macam teknologi dan fitur yang tersedia bagi pengguna pun selalu mengalami perubahan.

Media online merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk bisa berinteraksi dan bertransaksi tanpa harus bertemu atau bertatap muka (Santoso, 2015:35).

Komunikasi Bisnis Menurut Ridwan (2017:64), menyatakan komunikasi bisnis merupakan suatu bentuk aktivitas yang bertujuan untuk melakukan pendekatan dengan orang lain melalui interaksi yang membahas tentang ide-ide bisnis.

Selain itu komunikasi bisnis yang baik adalah komunikasi yang bisa saling dimengerti satu sama lain dan semua pihak saling memperoleh informasi (Ilham, 2017).

Secara umum dapat disimpulkan bahwa pengertian komunikasi bisnis merupakan suatu interaksi yang dapat dijadikan sebagai cara atau strategi untuk memberikan informasi, mempengaruhi dan mengajak pihak lain untuk membahas tentang ide bisnis.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah Menurut UU No.20 Tahun 2008, Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau Usaha Besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

METODE PENELITIAN Jenis Penelitian Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang pengumpulan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan studi dokumentasi.

Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive dimana dalam penentuan sampelnya dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono, 2017: 85).

Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaksi Miles dan Huberman.

Menurut Sugiyono (2017: 1323) Proses analisis data terbagi menjadi tiga, yakni: Reduksi Data (data reduction), Penyajian Data (data display), Conclusion drawing/verification.

Jenis Data Data Primer, merupakan data yang diperoleh peneliti melalui tanya jawab secara langsung dan dipandu dengan pertanyaan yang sesuai dengan fokus penelitian yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh peneliti dengan informan. Narasumber yang dijadikan informan adalah, Pemilik UMKM Romadhoni Bakery Data Sekunder, merupakan data yang diperoleh melalui sumber atau media informasi.

Antar lain berupa buku-buku ilmiah serta hasil penulisan yang relevan dengan penelitian ini. Sumber Data Dalam penulisan penelitian ini peneliti menggunakan beberapa cara untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan.

Library Reseacrh, yaitu penelitian kepustakaan, dimana didalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data dari literatur dan mempelajari buku-buku petunjuk teknis serta teoriteori yang dapat digunakan sebagai bahan penelitian.

Field Work Reserach, yaitu penelitian langsung ke lapangan.

Teknik Pengumpulan Data Wawancara Wawancara adalah tanya jawab lisan antara dua orang atau lebih secara langsung. Observasi Observasi adalah pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian.

Dokumentasi Dokumentasi adalah teknik pengumpulan data berupa gambar.

HASIL DAN PEMBAHASAN HASIL Berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh oleh penulis, didapatkan hasil pernyataan bahwa, “Media Online Sebagai Komunikasi Bisnis Romadhoni Bakery” “Dalam melakukan promosi melalui media online kami sering memanfaatkan beberapa aplikasi untuk menawarkan produk kepada konsumen seperti Whatsapp, Instagram dan lain sebagainya, bagi kami semua aplikasi tersebut sangat membantu sebagai strategi komunikasi bisnis antara penjual dan konsumen tanpa harsu berinteraksi secara langsung”.

“Mungkin dalam jangka panjang media online akan kami gunakan untuk melakukan promosi dan penjualan produk, karna situasi yang masih terjadi pembatasan mobilitas masyarakat membuat konsumen harus mengurangi bepergian keluar rumah”.

PEMBAHASAN Dari hasil wawancara diperoleh informasi bahwa media online sebagai komunikasi bisnis UMKM Romdhoni Bakery Sidoarjo sudah dijalankan dengan baik, adapun komunikasi binis yang dilakukan dengan media online meliputi promosi dan penjualan produk.

Dalam melakukan promosi dan penjualan produk melalui media online, Romadhoni Bakery Sidoarjo sering memanfaatkan beberapa aplikasi untuk menawarkan produk kepada konsumen seperti Whatsapp, Instagram dan lain sebagainya, bagi kami semua aplikasi tersebut sangat membantu sebagai strategi komunikasi bisnis antara penjual dan konsumen tanpa harsu berinteraksi secara langsung.

KESIMPULAN Sesuai penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa : Penggunaan media online sebagai komunikasi bisnis UMKM Romdhoni Bakery Sidoarjo sudah dijalankan dengan baik, adapun komunikasi binis yang dilakukan dengan media online meliputi promosi dan penjualan produk.

Dalam melakukan promosi dan penjualan produk melalui media online, Romadhoni Bakery Sidoarjo sering memanfaatkan beberapa aplikasi untuk menawarkan produk kepada konsumen seperti Whatsapp, Instagram dan lain sebagainya.

SARAN Peneliti mengajukan beberapa saran atau masukan yakni: Pihak Romadhoni Bakery harus lebih aktif dalam update promosi produk melalui media online.

Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi penelitian yang akan datang. DAFTAR PUSTAKA Cross. (2016).

Macam-Macam Media Online. Jakarta Hamdi. (2019). Dasar-Dasar Komunikasi.

Bandung. Ilham. (2017). Komunikasi Bisnis II. Bandung Imam. (2017). Manajemen Pemasaran.

Jakarta. Regar. (2018). Ilmu Komunikasi.

Bandung. Ridwan. (2017). Komunikasi Bisnis.

Jakarta Santoso. (2015). Media Online. Semarang Sugiyono. (2017).

Metode Penelitian Kualitatif, kuantitatif, R & D. Semarang. Sutikno. (2018).

Media Komunikasi Bandung.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008. “Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)”.

Penulis :

Gladys Nicolin

Ike Arisanti

Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Malang

Email : gladysnicolin01@gmail.com