Antara Membaca Dan Menonton Masa Depan Blogger

Antara Membaca Dan Menonton Masa Depan Blogger Komunitas Blogger Indonesia. Foto Avan

Kabarwarta.id - Blogger adalah sebutan bagi seseorang yang menggeluti dunia Blog atau siapapun yang memiliki weblog yang digunakan untuk menuangkan inspirasi, ide dan kreatifitas melalui tulisan, bahkan saat ini bisa didukung dengan berbagai kemampuan plugin multimedia yang memungkinkan menambahkan video, animasi audio dan lain sebagainya dengan kostumisasi serta strategi yang tepat mempromosikan blog tersebut agar dibaca banyak orang.

Berbeda dengan website. Blog mengacu kepada kepemilikan pribadi dan tidak terikat peraturan perizinan untuk memilikinya juga penggunjung dapat berkomunikasi dengan pemilik blog ( penulis ) dengan menambahkan komentar pada setiap postingan yang diunggah, hanya saja seperti Blog yang disediakan oleh Google ada standar komunitas yang mereka terapkan terhadap para pengguna layanan blog mereka yang bernama Blogspot. 

Seperti pelanggar hak cipta spam, SARA hingga pornografi. Google dapat memberikan teguran pemiliknya yang berujung pada penghapusan blog. Arizal Firmasyah, Seorang blogger professional sekaligus pakar yang lama malang melintang didunia blogger serta sudah menghasilkan rupiah dari ngeblog, menjelaskan perkembangan minat terhadap blogging dari masa ke masa.

Saat pertama kali mengenal platform Blogspot dari Google, Sejak tahun 2008. Arizal memutuskan menggeluti dunia blog dan membuat blog pertamanya sebagai jasa yang mengguntungkan,

"waktu itu tak seramai sekarang. " kata dia. Seiring berjalanya waktu " Persaingan semakin ketat, dulu bikin blog agar orang bisa pasang iklan, sekarang. Orang lebih berpikir bagaimana caranya bikin sendiri saja, "Terang Afrizal. 

Kalau bloging menulis di laman blog semestinya menjadi sebuah keahlian yang baik untuk ditingkatkan dan diasa sehingga menumbuhkan kreatifitas disamping itu juga bernilai komersil.

"Saat ini hampir semua platform blog sudah mendukung kemampuan multimedia, kendati bagi sebagian orang lebih senang melihat dan mendengarkan informasi ketimbang harus membaca." Jelasnya.

Sebagai pendiri komunitas Blogger Indonesia, Arizal menjelaskan, lambat laun ada kencenderungan netizen saat ini gemar mencari pengetahuan dari blog namun juga menonton video melalui platform media sosial berupa video visual.

seperti Youtube,Facebook, serta platform - platform baru serupa, memunculkan komunitas baru bernama konten kreator atau video kreator yang tak kalah peminat layaknya blogger. Mengenai bagaimana peospek kedepan para blogger.

"kembali kepada pilihan netizen. " Kata Arizal saat bincang-bicang, ia saat ini juga tengah meramban ranah youtube dengan menjadi youtuber dan mengalokasikan waktunya lebih bnayak di youtube, ia melihat potensi besar di Youtube, menurutnya juga kecederungan netizen Indonesia yang besar terhadap youtube. Sebagai refrensi afrizal, menggambarkan,

"Dengan hadirnya youtube, sekarang belajar lebih mudah banyak tutorial ada di youtube"  jelas Dia.

Penulis

Novan Atianto

Pegiat TIK.