Arah Gunung Bromo Via Podokoyo Longsor Tertutup Material Tanah Dan Pohon

Arah Gunung Bromo Via Podokoyo Longsor Tertutup Material Tanah Dan Pohon Jalur Podokoyo - Tosari tetutup material longsor. Foto istimewa

Kabarwarta.id - Arah gunung Bromo via Podokoyo, kecamatan Tosari, kabupaten Pasuruan longsor jalan tertimbun material tanah dan batu dari tebing yang berada di atas jalur ini.

Kejadian ini mengakibatkan jalan alternativ ke Gunung Bromo via Wonokitri  - Tosari - Tutur tertutup material bersama beberapa pohon berukuran diameter sedang. Dari informasi yang di gali dari berbagai sumber, Lonsor ini terjadi semenjak kamis malam, 25 Februari 2021.

"Camat Tosari dibantu warga dan relawan mengevakuasi sebagian material agar bisa dilewati. Namun material longsor masih belum dievakuasi karena menunggu alat berat," ujar Dedy, salah satu warga kecamatan Tosari, Jumat (26/2/21).

Kawasan dataran tinggi menuju area wisata gunung Bromo ini memang kerap kali terjadi longsor yang menimpa beberapa ruas jalan, diantaranya jalur Pasrepan - Tosari, Wonokitri - Penanjakan, Dengklek - Gunung Bromo serta jalur Purwodadi - Tutur kabupaten Pasuruan.

Terkait hal ini, Dedy yang juga bergerak di bidang pariwisata gunung Bromo dan Event Organizer mengungkapkan bahwa para wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan wisata ini hendaknya lebih waspada karena seringnya terjadi musibah tanah longsor.

"Musim hujan seperti saat ini, beberapa jalan rawan akan longsor dan rata - rata longsor menimpa  jalur menuju ke gunung Bromo," terang Dedy.(dyt)