Barat - Timur - Selatan - Utara Kabupaten Pasuruan Diterjang Banjir, Dua Orang Dikabarkan Terseret Arus Dan Beberapa Rumah Warga Rusak

Barat - Timur - Selatan - Utara Kabupaten Pasuruan Diterjang Banjir, Dua Orang Dikabarkan Terseret Arus Dan Beberapa Rumah Warga Rusak Banjir setinggi perut orang dewasa menggenangi Desa Kalianyar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan akibat meluapnya sungai Kedunglarangan dan intensitas hujan yang tinggi. Banjir menggenag di jalan raya Sidogiri - Kraton (bawah). Foto istimewa

Kabarwarta.id - Daerah barat - Timur - Selatan - utara Kabupaten Pasuruan diterjang banjir bandang, Dua orang dikabarkan hilang terseret arus dan beberapa rumah warga mengalami kerusakan.

Wilayah barat kabupaten Pasuruan, Banjir bandang menerjang kecamatan Gempol dan yang terparah di Desa Kepulungan dan memakan korban dua orang hilang terseret arus serta delapan rumah warga di aliran sungai Kepulungan rusak akibat hantaman arus air bah.

"Khusus banjir bandang yang di Kepulungan, mungkin salah satu sebabnya, disamping curah hujan tinggi, adalah aktifitas penambangan diatas Kepulungan dan Sumbersuko yang luar biasa," kata Ketua DPRD kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan, Rabu (3/2/21).

Sebelumnya, banjir hebat melanda wilayah selatan, tepatnya di kecamatan Prigen, Pandaan, Sukorejo yang juga merobohkan pohon di sekitar jalan raya simpang empat patung sapi Pandaan. Sungai wangi meluap dan jalan arteri Pandaan hingga simpang empat Taman Dayu tergenang air yang menimbulkan arus lalu lintas di jalur arteri Surabaya - Malang terhenti.

Di sisi Pasuruan Timur, Tepatnya di wilayah Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan sejumlah Desa yang menjadi langganan banjir seperti Desa Prodo dan Winongan Lor saat berita ini dirilis ketinggian air sudah mencapai lutut orang dewasa.

Di wilayah utara seperti kecamatan Bangil dan Beji, Banjir sudah menggenangi Desa Tambakan, Kalianyar, Kaliirejo, Manaruwi Sedangkan di Kecamatan Beji daerah langganan banjir di Desa Kedungboto dan Kedungringin air sudah mulai menggenang di beberapa titik.

Air bah juga menerjang wilayah kecamatan Kraton, Tepatnya di wilayah Desa Sidogiri, Desa Bendungan, hingga Pulokerto. DanlDan akibat luapansluapan Welang Desa Sukorejo dan Tambakrejo tergenang Banjir yang membawa material air, lumpur dan sampah.

Di kecamatan Rembang, Air juga terpantau menggenang di wilayah Desa Rombu Kulon, Desa Rombo Wetan.

"Dugaan akibat aktifitas pertambangan yang diatas. Namun ini hanya kemungkinan, Untuk membuktikan, OPD terkait (Perijinan, PU PR, PUSDATR, BPBD, SATPOL PP, inspekorat, perlu segera sidak ke lokasi banjir. Tapi, lebih diutamakan, BPBD dan para relawan mencari korban yang informasinya terseret arus di Kepulungan," beber Sudiono Fauzan.

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan yang juga Sekretaris DPC PKB Kabupaten Pasuruan ini membeberkan.

"Ini tugas berikutnya, Prioritas malam ini dan beberapa hari kedepan, mencari korban, dan membantu warga yang rumahnya rusak terseret arus. Serta menyiapkan makanan siap saji, obat obatan, dll," terangnya.(dyt)