Bikin Pengen Nyebur! Daya Tarik Wisata Banyu Biru Sebagai Pendorong Ekonomi Masyarakat

Bikin Pengen Nyebur! Daya Tarik Wisata Banyu Biru Sebagai Pendorong Ekonomi Masyarakat Ikan di pemandian alam Banyubiru Kabupaten Pasuruan. Foto Izza Afkarina

Kabarwarta.id - Bikin Pengen Nyebur! Daya Tarik Wisata Banyu Biru Sebagai Pendorong Ekonomi Masyarakat. Tinggal di negara tropis selalu membuat kita merasa kegerahan oleh udara yang sangat panas. Jika sudah begini, salah satu solusinya adalah pergi ke kolam renang atau pemandian alam terdekat.

Kebayang kan, betapa sejuk dan segarnya? Nah, jika kamu sedang berada di Pasuruan, Jawa Timur, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi Pemandian Alam Banyu Biru yang Bertepatan di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan.

Objek wisata yang dipercaya bisa membuat kita awet muda dan khasiat dari airnya dapat mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit ini, banyak dikunjungi wisatawan lokal dari berbagai daerah seperti Sidoarjo, Malang, dan Surabaya. Untuk tiket masuk Pemandian Alam Banyu Biru tidak perlu merogoh kocek terlalu mahal, karena saat hari biasa tiket masuknya hanya dengan harga goceng  atau Rp. 5.000/orang.

Sedangkan harga tiket saat weekend, Rp. 7.500/orang dan kamu sudah bisa berenang sepuasnya dengan jam operasional mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00. Rute menuju lokasi pemandian ini juga relatif mudah untuk dilalui, jika dari arah Kota Pasuruan menuju ke arah selatan dengan jarak sekitar 25 km, yang lama perjalanannya kurang lebih 30 menit dari Kota Pasuruan. 

Saat tiba di lokasi, kamu tidak perlu khawatir dengan tempat parkir kendaraan, disini, sudah tersedia lahan parkir dengan biaya sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda 2 dan  Rp. 4.000 untuk kendaraan roda 4.

Selain dapat menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa kok menggunakan angkutan umum, dan hanya membayar ongkos sebesar Rp. 6.000. Naik bus dari terminal Pasuruan di simpang tiga pasar Ngopak menuju ke arah Probolinggo dengan tarif Rp. 3.000.

Kamu juga tidak perlu khawatir jika merasa haus atau lapar setelah beraktivitas dipemandian ini, karena disekitar kolam terdapat warung-warung makan yang berbaris rapi.

Selain terdapat 4 kolam renang yang dua diantaranya berasal dari sumber mata air yang jernih dan berwarna agak kebiruan, juga terdapat fasilitas lain yang menunjang ekonomi masyarakat lokal di sini yaitu adanya toilet umum, tempat persewaan ban, dan tempat parkir.

Fasilitas lain yang juga tersedia di wisata ini diantaranya wahana bermain anak-anak(play ground), lapangan tenis, stand pameran, dan juga kolam ikan.

Apalagi Pemerintah Kabupaten Pasuruan menargetkan, Pemandian ini sebagai Wisata Halal, yakni kolam renang alami khusus untuk laki-laki dan kolam renang buatan khusus perempuan yang akan dilaunching akhir 2022 mendatang.

Dijamin! Kamu tidak akan menyesal jika mengunjungi Wisata Pemandian Alam Banyu Biru ini, karena alamnya yang sejuk dan segarnya air kolam yang langsung berasal dari sumber mata air disana.

Biodata penulis :

Nama :Izza Afkarina, Monalisa Rambu Newa,

Prodi D3 Perbankan UMM,

Arfida BR,2021