Bupati Pasuruan Terbitkan SE Terkait PPKM, Pelaku Usaha Di Tretes Enjoy Aja

Bupati Pasuruan Terbitkan SE Terkait PPKM, Pelaku Usaha Di Tretes Enjoy Aja Pelaku usaha makanan dan minuman di simpang tiga Tretes, Prigen, Pasuruan. Foto iwan dayat

Kabarwarta.id - Bupati Pasuruan H. M Irsyad Yusuf menerbitkan SE (surat edaran) terkait PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) namun hal ini tak berdampak pada aktivitas pelaku usaha di Tretes, Prigen, Pasuruan enjoy aja dalam melaksanakan aktivitasnya, senin (11/1/21).

Meskipun dalam SE nomor 100/01/Covid -19/1/2021 diputuskan perbelanjaan tutup maksimal pukul 21.00 wib, tempat wisata buka sampai pukul 20.00 wib namun hal ini belum nampak diterapkan di wilayah wisata yang berhawa dingin ini.

Hal ini nampak dari pusat perbelanjaan yang berada di jalan raya Tretes dan juga PKL masih membuka lapaknya diatas pukul 21.00 wib.

Sayangnya hal ini belum ada teguran maupun tindakan dari pihak terkait hal ini. "Belum tahu mas kalau ada PPKM," kata Roni salah satu pedagang jagung bakar di jalan raya Tretes.

Selain PKL Tretes, PPKM yang diberlakukan mulai hari ini hingga tanggal 25 Januari 2021 dengan tujuan meminimalisasi penyebaran Covid -19 juga belum diketahui pelaku usaha lainya di Tretes, seperti pengelola Vila dan rumah makan serta warung kopi yang berada di wilayah ini.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di kabupaten Pasuruan juga diberlakukan untuk tempat kerja yakni sebanyak 50% WFH (work from home) bekerja dari rumah. Belajar mengajar secara Daring (online). Pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat untuk kebutuhan pokok. Rumah ibadah diisi maksimal 50% dan menginap lebih dari 3 hari wajib Rapid tes Antigen.

Berbeda dengan Roni, pengelola vila di kawasan Genengsari gang IV, Pencalukan, Prigen yakni Safi'i mengaku pihaknya sudah mendengar terkait PPKM, Namun dirinya belum mengetahui pokok detailnya.

"Kalau di vila jarang yang menginap lebih dari satu hari, tapi ada juga beberapa vila kamaran yang disewakan setiap bulan seperti kamar kos," katanya.

Selain Vila, di Tretes juga terdapat Hotel kelas bintang 2 hingga bintang 5 yang berada di kawasan kecamatan Prigen, kabupaten Pasuruan yang masih beroperasi hingga saat ini dan biasa menerima tamu domestik dari luar kabupaten Pasuruan.

Tempat wisata seperti, Air terjun Putuk Truno dan Air terjun kakek bodoh juga terlihat sudah tutup sebelum menjelang petang.

Namun hal ini berbeda dengan cafe yang berada di kawasan kelurahan Leduq Prigen yang masih beroperasi hingga diatas pukul 21.00.wib.

"Sebaiknya PPKM diterapkan merata, jangan hanya warung kopi namun juga diberlakukan kepada Cafe serta rumah makan di sini," pungkas Roni.(dyt)