Di Hut Kemerdekaan RI Ke 78, Warga Binaan Rutan Bangil Berpeluang Dapat Remisi

Di Hut Kemerdekaan RI Ke 78, Warga Binaan Rutan Bangil Berpeluang Dapat Remisi Warga binaan di Rumah tahanan (Rutan) Bangil, Kabupaten Pasuruan. Foto is

Pasuruan, kabarwarta.id - Di Hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78, Warga binaan di Rutan (rumah tahanan) Bangil di usulkan untuk mendapatkan Remisi.

Remisi ini untuk ratusan warga binaan  di Rutan Bangil yang memiliki peluang untuk mengalami pemangkasan masa penahanan mereka melalui skema remisi.

"Ada 7 warga binaan yang akan mendapatkan remisi pada 17 Agustus 2023 mendatang," Kata Akhmad Sobirin Soleh, Selasa (15/8/23).

Dia menjelaskan remisi tergantung pada keputusan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terkait usulan remisi kemerdekaan.

Akhmad Sobirin Soleh menjelaskan ada sekitar 262 warga binaan di Rutan Bangil yang diajukan untuk menerima remisi umum kemerdekaan.

Besaran remisi yang diajukan beragam, mulai dari satu hingga empat bulan. 

Rincian usulan remisi mencakup 118 orang untuk mendapatkan remisi selama 1 bulan, 74 orang untuk remisi selama 2 bulan, 59 orang untuk remisi selama 3 bulan, dan 4 narapidana yang diajukan untuk mendapatkan remisi selama 4 bulan.

Sobirin menguraikan, Warga binaan yang berpotensi mendapatkan remisi ini memiliki latar belakang kasus yang beragam, mulai dari pencurian hingga berbagai kasus kejahatan lainnya.

"Berkelakuan baik dan sudah menjalani hukuman selama enam bulan," imbuhnya.

Namun, Keputusan akhir tentang remisi kemerdekaan ini akan diambil oleh Kemenkumham setelah mempertimbangkan faktor-faktor yang relevan.(dyt)