Edukasi Prokes Diterapkan Sejak Dini Kepada Siswa Paud Oleh Mahasiswa PMM UMM

Edukasi Prokes Diterapkan Sejak Dini Kepada Siswa Paud Oleh Mahasiswa PMM UMM Mahasiswa PMM UMM (Kanan) memberikan edukasi protokol kesehatan kepada siswa Paud Al Irsyad. Foto Silvia Ayu Handayani

Pasuruan, kabarwarta.id – Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini dilakukan ditengah pandemi Covid-19, salah satunya dilakukan dengan memberikan penyuluhan protokol kesehatan terhadap anak. Sasaran kegiatan ini adalah anak anak PAUD Al-Irsyad di Desa Rejosari, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (07/10/2020) yang diadakan oleh 5 orang anggota PMM Kelompok 71 Gelombang 10 yakni, Rama Daniswara, Tsabitah Ayu, Nike Rydia, Silvia Ayu dan Faiz Ali. Penyuluhan protokol kesehatan ini berlangsung di halaman depan Balai Desa Rejosari dengan menghadirkan belasan anak.

Penyuluhan ini dilakukan guna untuk mengurangi persebaran virus Covid-19 yakni dengtan mengedukasi 6 langkah cara mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain. Penyuluhan berlangsung menyenangkan karena diselingi dengan bernyanyi, memberikan video kartun tutorial cara mencuci tangan dan pembagian kue.

Penyuluhan ini dilaksanakan pukul 08.00 s.d. 10.00. Penyuluhan dimulai dengan adanya perkenalan masing-masing siswa dan mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan pemberian edukasi cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak dengan menggunakan lagu dan video tutorial, lalu dilanjutkan oleh pembagian hadiah berupa kue kepada anak PAUD yang berhasil mempraktikkan 6 cara cuci tangan tersebut.

Kegiatan penyuluhan terhadap anak PAUD Al Irsyad ini berjalan dengan baik karena siswa berpartisipasi aktif dalam mempraktikkan cara mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak yang benar sesuai standart WHO.

Menurut Silvia Ayu selaku ketua pelaksana kegiatan ini, “kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penularan virus corona pada masyarakat sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Penyuluhan ini juga bertujuan untuk mendidik anak-anak PAUD Desa Rejosari dalam menghadapi era "new normal,”. Ibu Hamiyah selaku guru dari PAUD Al Irsyad memberi apresisai serta dukungan penuh kepada para mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan ini dan merasa terbantu dengan adanya program ini. Diharapkan program ini dapat mengedukasi dan diterapkan oleh siswa PAUD Al-Irsyad