Edukasi Renewable Energy Di Sidodadi Menuju Desa Mandiri Energy Oleh Mahasiswa UM

Edukasi Renewable Energy Di  Sidodadi Menuju Desa Mandiri Energy Oleh Mahasiswa UM Mahasiswa UMM memberikan edukasi Renewake Energy di Desa Sidodadi kabupaten Malang. Foto Silviana Wanda Fentia

Malang,kabarwarta.id - Bantu Wujudkan Desa Sidodadi Menuju Mandiri Energy, Mahasiswa KKN Tematik Teknik Elektro UM 2021 Lakukan Sosialisasi dan Edukasi Renewable Energy. 

Dalam rangka mewujudkan Desa Sidodadi Menuju Mandiri Energi, Mahasiswa yang tergabung dalam KKN Tematik Teknik Elektro UM melakukan program kerja Sosialisasi dan Edukasi Renewable Energy kepada Masyarakat di Balai Desa Sidodadi.

Desa Sidodadi merupakan salah satu desa di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang yang memiliki potensi untuk pengembangan energi terbarukan (renewable energy). Potensi Renewable Energy yang ada di Desa Sidodadi diantaranya Potensi Energi Biogas, Potensi PLTMH, Potensi PLTS, dan Potensi Energi Bayu.

Berdasarkan hasil observasi, dari keempat potensi energi terbarukan yaitu Potensi Energi Biogas, Potensi PLTMH, Potensi PLTS, dan Potensi Energi Bayu, perlu dilakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat Sidodadi sebagai wujud pemanfaatan potensi energi alam untuk menunjang kelangsungan kehidupan masyarakat khususnya pada bidang pembangkitan energi listrik, sehingga kebutuhan listrik tidak hanya bergantung pada PLN saja.

Pada awalnya, tim KKN UM Tematik Teknik Elektro melakukan penyusuran di sepanjang aliran Sungai Brantas Desa Sidodadi.

Terlihat jelas kurangnya pemanfaatan renewable energy pada limbah kotoran sapi dan limbah ampas tahu yang menumpuk di aliran sungai bagian hulu..Selain sungai menjadi keruh dan kotor, bau yang ditimbulkan juga dapat menggangu saluran pernapasan.

Pelaksanaan program kerja sosialisasi dan edukasi renewable energy menuju desa Sidodadi mandiri energi, berjalan dengan lancar, dihadiri oleh mahasiswa yang tergabung dalam KKN tematik Desa Sidodadi, dosen pembimbing lapangan, ketua RT (Bapak Imron, Perangkat Desa (Bapak Ernawanto), dan pemuda karang taruna yang memiliki keahlian dalam bidang elektro. Pemateri pada kegiatan sosialisasi renewable energy adalah Ibu Yuni Rahmawati selaku dosen pembimbing lapangan dan pemateri pada edukasi pemanfaatan renewable energy adalah Yoga Prasetya dan Tobibul Mahbub.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut terlihat antusias dengan materi yang diberikan. Hal tersebut terbukti ketika pemuda karang taruna  mengajukan pertanyaan kepada pemateri sosialisasi renewable energy saat kegiatan berlangsung. Selain kegiatan sosialisasi mengenai renewable energy, panitia juga melakukan edukasi mengenai pemanfaatan renewable energy mengenai tenaga surya sebagai Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS).

Program kerja KKN tematik Desa Sidodadi mengenai PJUTS tersebut, sudah terpasang di Dusun Sumantoro Desa Sidodadi dengan tiga titik cabang dalam satu tiang.

Kepala Desa Sidodadi, Bapak Ernawanto menuturkan bahwa Desa Sidodadi memiliki banyak potensi energi alam sehingga beliau berharap program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi warga Desa Sidodadi, yaitu masyarakat dapat memahami pemanfaatan renewable energy selain itu juga memahami cara perakitan, operasional, dan maintance PJUTS yang sudah terpasang di Sumantoro. Sehingga warga Sidodadi ke depannya dapat mendirikan PJUTS secara mandiri.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi program kegiatan ini. Sekarang untuk menuju Dusun Sumantoro sudah ada akses penerangan jalan. Semoga kegiatan mempelajari cara perakitan, operasional, dan maintance PJUTS bisa diwujudkan dan dilanjutkan oleh kita masyarakat setempat demi Desa Sidodadi menuju desa mandiri Energi ,” Ujar  Ernawanto.

Yoga Prasetya selaku koordinator desa sekaligus pemateri pada edukasi mengenai PJUTS, menuturkan bahwa dia berharap program kerja ini dapat bermanfaat kedepannya, sehingga peserta yang hadir dalam kegiatan ini dapat mendirikan PJUTS secara mandiri, walaupun KKN Tematik Teknik Elektro UM 2021 telah berakhir.

"Saya sangat berharap apabila kedepannya  program kerja sosialisasi dan edukasi renewable energy untuk menjadikan Desa Sidodadi menuju mandiri energi, bisa terwujud. Selain itu juga berdampak pada pemuda Desa Sidodadi dapat terampil khususnya dalam bidang elektro. Semoga kegiatan ini mampu menjadi kegiatan positif yang dapat mengisi waktu luang, bermanfaat bagi jangka panjang tentunya untuk keberlangsungan energi listrik, dan lebih efisien dalam upaya manajemen energi listrik", tambahnya.

Biodata Penulis :

Nama : Silviana Wanda Fentia

Alamat : Ds.Kalangan Kec. Ngunut Kab.Tulungagung 

Email: vina30mei1805346@students.um.ac.id 

Pekerjaan: Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Malang