Empu Penganti Berikan Hadiah Pusaka Kepada Plt Walikota Pasuruan Sebelum Peresmian Pasar Keris

Empu Penganti Berikan Hadiah Pusaka Kepada Plt Walikota Pasuruan Sebelum Peresmian Pasar Keris Empu Jupri pembuat Pusaka Penganti (kiri) memberikan pisau Penganti kepada Plt Walikota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo (kanan). Foto Iwan dayat

Kabarwarta.id - Pasca menerima pusaka penganti dari sesepuh penerus pembuat pusaka Penganti, Plt Walikota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo meresmikan pasar tematik (barang pusaka) di pasar Kebonangung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Rabu (9/9/20).

"Pasar ini sebagai wadah kolector, penggemar untuk berbagi informasi terkait barang - barang pusaka, utamanya keris. Serta sebagai sarana edukasi terkait barang bersejarah asli nusantara terutama yang berasal dari pulau Jawa dan madura untuk masyarakat khususnya warga kota Pasuruan," ujar Raharto Teno Prasetyo.

Sebelum diresmikan, pasar ini sudah beberapa pekan yang lalu dipenui kolector barang pusaka yang berasal dari beberapa wilayah di provinsi Jawa Timur.

"Setiap hari, penngemar barang pusaka dari Lumajang, Madura, Probolinggo dan kabupaten Pasuruan memenuhi stan meja di pasar tematik ini," kata Rachmad Tjahjono selaku ketua paguyuban Satria Suropati.

Selain keris, beragam barang pusaka seperti pisau, tombak, celurit, badik, batu akik, kalung, dan aksesoris keris.

"Pasar ini dibuka hari senin sampai minggu mulai pukul 09.00 sampai 16.00 wib," terang Rachmad Tjahjono.(dyt)