Harga Elpigi Non Subsidi Naik, Namun Permintaan Di Libur Nataru Di Pasuruan Justru Terdongkrak, InI prosentasenya

Harga Elpigi Non Subsidi Naik, Namun Permintaan Di Libur Nataru Di Pasuruan Justru Terdongkrak, InI prosentasenya Febri Andriani (kanan) Sekretaris Hiswana Migas Pasuruan raya. Foto iwan dayat

Kabarwarta.id - Elpigi non subsidi kemasan 5,5 kilogram dan 12 kilogram mengalami kenaikan harga, Namun permintaan di agen Pasuruan menjelang tahun baru 2022 turut terdongkrak.

"Kenaikan harga resmi dari pemerintah melalui Pt Pertamina hanya untuk elpigi non subsidi sebesar Rp 2000 per kilogramnya. yakni, elpigi kemasan 5,5 kilogram san 12 kilogram yang biasa dikonsumsi oleh hotel dan restoran," kata Febri Andriani, Sekretaris Hiswana Migas Pasuruan raya, Kamis (30/12/21).

Ditempat yang sama, Fitri yang juga merupakan pemilik agen elpigi bersubsidi kemasan 3 kilogram menuturkan bahwa, "Masyarakat tidak perlu khawatir yang harganya naik hanya elpigi non subsidi sedangkan yang tiga kilogram tidak mengalami kenaikan. Dan stok untuk elpigi non subsidi maupun subsidi di Pasuruan raya aman dan selalu tersedia bahkan untuk tanggal 1 januari 2022," tuturnya.

Wanita berkacamata ini menjelaskan bahwa stock elpigi non subsidi di tempatnya untuk kemasan 5,5 kilogram sebelumnya dijual dengan harga Rp 65.000 kini pasca harga kenaikan resmi menjadi Rp 75.000 begitupun untuk yang kemasan 12 kilogram harganya juga mengalami kenaikan.

"Elpigi non subsidi diperuntukkan untuk restoran, hotel dan rumah tangga dengan tingkat ekonomi menengah keatas. Sedangkan elpigi bersubsidi kemasan tiga kilogram hanya bagi masyarakat yang kurang mampu," terang Febri.

Menurutnya, permintaan elpigi  mengalami kenaikan baik untuk elpigi bersubsidi maupun non subsidi terjadi semenjak menjelang libur hari raya Natal 2021.

"Kenaikan sekitar sepuluh persen, namun, semua terlayani dengan baik karena stock elpigi subsidi maupun non subsidi cukup tersedia di semua agen dan pangkalan di wilayah kota dan kabupaten Pasuruan," Pungkas Febri Andiani.(dyt)