Hasil Tes Bacakades, Ada Lima Yang Tidak Lulus Dan Nilainya Dibawah

Hasil Tes Bacakades, Ada Lima Yang Tidak Lulus Dan Nilainya Dibawah Bacakades di kabupatenPasuruan saat mengikuti tes. Foto is

Pasuruan, kabarwarta.id - Hasil tes baca  dan tulis Bacakade, Lima orang tidak lolos dan dua Bakal calon Kepala Desa gagal lulus dalam ujian baca tulis dan baca kitab suci. Serta tiga bacakades lainnya karena berada di peringkat bawah.

Dari sebanyak 167 yang orang mendaftar untuk mengikuti ujian, namun setelah hasilnya diumumkan, hanya tersisa 162 calon bacakades yang masih bertahan dalam kompetisi ini.

"Pengumuman hasil ujian ini berlangsung mulai 1 hingga 4 september 2023,"  kata Kepala DPMD Kabupaten Pasuruan, Ridho Nugroho.

Ia menyatakan bahwa hasil ujian bacakades telah diserahkan kepada panitia di 47 desa yang bersangkutan untuk diumumkan kepada masyarakat.

Panitia di desa-desa tersebut telah mengumumkan hasil pengujian yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya Malang.

Ridho juga menjelaskan bahwa ada tiga calon bacakades lainnya yang tidak lolos karena mereka berada di peringkat keenam atau di bawahnya. Hal ini sesuai dengan ketentuan Perda nomor 6 tahun 2015 yang diubah dalam Perda nomor 3 tahun 2021, yang membatasi jumlah calon antara dua hingga lima orang.

Tiga desa di antara 47 desa yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak tahun ini, yaitu Desa Semare, Kecamatan Kraton; Sumbersuko, Kecamatan Gempol, dan Nogosari, Kecamatan Pandaan, terpaksa harus mengeliminasi beberapa calon bacakadesnya.

Sebwelumnya, total ada 172 calon bacakades yang akan ditetapkan sebagai calon kepala desa pada tanggal 8 September 2023.

Sebelum memasuki tahap ini, pihak berwenang memberikan kesempatan kepada calon bacakades yang merasa tidak puas dengan hasil ujian untuk mengajukan keberatan. Masa pengajuan keberatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 5 September hingga 7 September 2023.