Het Elpigi Kemasan 3 Kg Di Pasuruan Tidak Naik, Berikut Penjelasan Hiswana Migas Malang Raya

Het Elpigi Kemasan 3 Kg Di Pasuruan Tidak Naik, Berikut Penjelasan Hiswana Migas Malang Raya Dwi Hardono, Kordinator Hiswana Migas Malang Raya. Foto Iwan dayat

Kabarwarta.id - Het (Harga Eceran Tertinggi) Elpigi kemasan 3 Kg Di Pasuruan tidak naik, ini penjelasan Hiswana Migas.

"Harga tetap di tingkat sub pangkalan sesuai peraturan Gubenur Jawa Timur  tahun 2016 yakni sebesar Rp.16.000/tabung," kata Dwi Hardono, Ketua Koordinator Hiswana Migas Malang Raya, Kamis (21/1/21).

Pria berkacamata yang juga pengusaha Agen Elpigi kemasan 3 Kg ini menerangkan bahwa selaiin harga tetap. Stock persediaan Elpigi yang juga di kenal dengan sebutan 'Si Melon Kemasan 3 Kg' juga mencukupi di wilayah Malang raya termasuk Kota dan Kabupaten Pasuruan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir jika harga naik pasti ada pengumuman resmi dari Pemerintah melalui Kementrian ESDM. Dan persediaan Elpigi juga mencukupi," Terang Dwi.

Dilansir dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menetapkan harga patokan Liquefied Petroleum Gas (LPG) pada tahun 2020. Penetapan harga patokan ini tertuang dalam keputusan Menteri ESDM Nomor 253.K/12/MEM/2020 tentang harga patokan Liquefied Petroleum Gas tabung 3 kilogram. Dalam Diktum kesatu keputusan Menteri ESDM itu, disebutkan bahwa harga patokan LPG 3 Kg ditetapkan berdasarkan harga indeks pasar (HIP LPG 3 Kg) yang berlaku pada bulan yang bersangkutan ditambah biaya distribusi (termasuk penanganan) dan margin. Berikut bunyi diktum kedua yang dikutip dari siaran Pers di situs Kementrian ESDM.

"Harga patokan LPG tabung 3 Kg sebagaimana dimaksut dalam diktum kesatu ditetapkan dengan formula 103,85% HIP LPG tabung 3 Kg + US$ 50,11 MT (Lima puluh koma sebelas dolar Amerika serikat per metrik ton) + Rp 1.870,00 per Kg (seribu delapan ratus tujuh puluh sembilan rupiah per kilogram," Formula harga patokan tersebut dapat dievaluasi sewaktu - waktu dengan mempertimbangkan realisasi dari faktor yang mempengaruhi penyediaan dan pendistribusisn LPG tabung 3 Kg.

Dalam diktum ketiga, Formula harga patokan LPG tabung 3 Kg sebagaimana dimaksut dalam diktum kedua digunakan sebagai dasar perhitungan besaran harga patokan untuk setiap kilogram LPG tabung 3 Kg. Penetapan patokan harga LPG 3 Kg ini sendiri mempertimbangkan surat Menteri Keuangan Nomor S-1049/MK.02/2020 tanggal 12 November 2020 hal pertimbangan atas usulan formula harga patokan LPG tabung 3 Kg.

Juga, Keputusan ini merupakan implementasi pasal 7 Peraturan Presiden Nomor 104 tahun 2007 tentang penyediaan, pendistribusian, dan penetapan harga Liquefied Petroleum Gas tabung 3 Kilogram. Dan pasal 7 Peraturan Presiden Nomor 38 tahun 2019 tentang penyediaan, pendistribusian, dan penetapan harga Liquefied Petroleum Gas untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan sasaran dan mesin pompa air bagi petani sasaran. Keputusan ini berlaku mulai tanggal ditetapkan dan berlaku surut sejak tanggal 1 Januari 2020. Aturan tersebut sudah ditetapkan pada 22 Desember 2020.(dyt)