InI Pembudidaya Alpukat Arjuna K1 Dan Arjuna K2 Andalan Kabupaten Pasuruan

InI Pembudidaya Alpukat Arjuna K1 Dan Arjuna K2 Andalan  Kabupaten Pasuruan Carianto, pembudidaya Alpukat Arjuna K1 dan K2. Foto Iwan dayat

Pasuruan, kabarwarta.id - Carianto (52) warga Dusun Krai, Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan membuka Potensi Alpukat dengan mengembangkan buah Alpukat Arjuna K1 dan Arjuna K2 yang nantinya bisa menjadi andalan Kabupaten Pasuruan.

"Kalau mengembangkan alpukat baru tiga tahun. Tapi kalau bergerak di bidang pembibitan dan penjualan buah sudah lima belas tahun dan yang terbaru alpukat Arjuna K1 dan K2," kata Carianto, Rabu (28/12/22).

Selain alpukat diatas, Carianto juga membudidayakan Alpukat Cuba, Bokongten, Red Vietnam, Bukaner, Hongok, Both 07, Lokal Aligator, Miki, Kelut, KM 01, Pukat Eco, Florida, Markus, dan Bahgiawati

"Yang Asli produk desa Tambaksari yakni Arjuna K1 dan Arjuna K2," terang Carianto 

Dengan menggunakan pupuk organik dan mengolahnya dalam mesin penghancur kotoran kambing. Bisa menghasilkan buah Alpukat organik.

"Saat ini ada 3000 bibit alpukat Pameling,1500 aligator 2000. Lokal k1 dan K2 1000  dan bibit 3 tahun sudah berbuah dan sudah bisa ditanam diatas tanah ketinggian 700mdpl. Karena semakin rendah warna kulit semakin kuning kadar air rendah,"ungkap Carianto.

awal mula Carianto merupakan tengkulak buah  alpukat dan memborong buah alpukat yang masak pohon kemudian di tahun 2018 akhir mulai pengembangan pembibitan  dan belajar okulasi (stick).(dyt)