Ini Penjelasan Terkait Cybersquatting Dan Bahayanya

Ini Penjelasan Terkait Cybersquatting Dan Bahayanya Foto lustrasi by Avan

Kabarwarta.id - CyberSquatting adalah istilah yang merujuk pada penyerobotan nama domain yang bukan haknya dengan tujuan dan maksud tertentu. Kerap kali meniru nama situs brand terkemuka.

Cybersquatting tidak selalu bahaya bagi para pengguna internet, namun upaya ini termasuk ilegal di Amerika Serikat. karena squatting domain seringkali dilakukan untuk tujuan penyerangan atau tindak kejahatan siber.

Situs BCA pernah dikerjaain dan Prakerja menjadi langganan. Temuan dari beberapa artikel berita nasional. Ditemukan beberapa situs palsu prakerja tersebar melalui media sosial hingga pesan berantai Whatsapp.

Situs palsu mirip prakerja, kartu-prakerja.com, prakerja12.xyz , prakerja.vip . Dikutip dari Bisnis.com,Head of Communication Project Management Office (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengingatkan masyarakat.

Situs resmi untuk mendaftar Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id, tidak ada yang lain. Apa bahaya Cybersquatting ? Zhanhao Chen dan Janos Szurdi dari Unit 42, Palo Alto Networks.

Kendati saat ini cybersquatting tidak selalu berbahaya bagi para pengguna internet, namun upaya ini dianggap ilegal di Amerika Serikat. Sebab squatting domain seringkali dilakukan untuk tujuan penyerangan atau tindak kejahatan siber.

Palo Alto, menyebutkan sebesar 2.595 merupakan squatting domain berbahaya yang kerap mendistribusikan malware dan phising dan juga menemukan 5.104 squatting domain yang memiliki resiko tinggi bagi pengunjungnya, Ada bukti kumpulan url berbahaya didalam domain tersebut menggunakan bulletproof hosting.

Marak Url link yang bertajuk iming - iming hadiah barang mewah, uang tunai hingga pulsa dan voucher gratis menggatasnamakan perusahaan resmi seperti bank, provider telekomunikasi hingga situs pemerintahan, namun anehnya jika diamati dengan seksama justru nama domain situs tersebut tidak seperti alamat yang semestinya. Seperti, kartu-prakerja.com. Ketika link tersebut di klik terkadang tertuju kepada sebuah halaman yang dibuat sangat mirip dengan yang ada di halaman resmi hanya saja url linknya tak seperti tidak melalui prakerja.go.id.

Waspada, apabilah anda menemukan hal serupa yang mampir di beranda media sosial anda atau pesan whatsapp berantai, terkadang ada saja orang iseng atau tidak tahu hanya sekedar me share ulang tautan yang diduga palsu dan berbahaya tersebut. cek dahulu sumber kevalidan informasinya dan apakah tautan tersebut seauai dengan alamat resmi atau tidak. Sebelum terjerumus kedalam tindak kejahatan scamming maupun yang lainya.

Penulis oleh : Novan Arianto P

Digital, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 

Diolah dari berbagai sumber.