Inovasi PJUTS Lampu Tiga Arah Karya Mahasiswa UM Solusi Penerangan Di Masa Pandemi

Inovasi PJUTS Lampu Tiga Arah Karya Mahasiswa UM Solusi Penerangan Di Masa Pandemi Mahasiswa UM Tehnik Elektro berpose dibawah PJUTS Tiga arah karyanya yang berada di Desa Sidodadi kecamatan Dau kabupaten Malang. Foto Tobibul Mahbub

Malang, kabarwarta.id - Inovasi mahasiswa KKN Tematik UM 2021 Bangun PJUTS Lampu 3 Arah Sebagai Solusi Penerangan di Dusun Sumantoro, Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang Malang.

Tim KKN Tematik UM pada tahun 2021 yang dikemas dalam kegiatan pengabdian masyarakat membawa program kerja yang bertemakan 'Meningkatkan Pembangunan Desa dengan Pemanfaatan Renewable Energy dan Teknologi Informasi di Masa Pandemi Menuju Desa Mandiri Energi dan Desa Wisata Alami'.

Salah satu program kerja yang akan di realisasikan yaitu pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya atau sering disebut PJUTS yang dibimbing oleh Dr. Yuni Rahmawati, S.T.,M.T. Pada Sabtu, 20 Maret 2021, Tim KKN Tematik UM berhasil mendirikan PJUTS 3 arah pada jalan masuk Dusun Sumantoro, Desa Sidodadi.

Pendirian tersebut merupakan kolaborasi antara mahasiswa KKN dengan masyarakat Dusun Sumantoro. Warga terlihat antusias dalam pendirian PJUTS ini dibuktikan dengan banyaknya warga yang turut serta ambil bagian dalam kegiatan pendirian PJUTS ini.

Proyek ini merupakan realisasi program KKN Tematik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang, sebagai solusi kurangnya penerangan jalan saat malam hari dan jauh dari sumber lsitrik di Dusun Sumantoro. Titik pendirian PJUTS ini sangat strategis mengingat terletak di jalan masuk Dusun Sumantoro serta berada dipinggir jalan yang menghubungkan Kabupaten Malang dan Blitar.

Yusuf Gunung, sebagai salah satu instalatir PJUTS dari mahasiswa KKN menuturkan “Proyek ini sudah berjalan dengan baik, walaupun sebelumnya terjadi kendala dan kita mampu gotong royong untuk menyelesaikan kendala tersebut. Alhamdulillah lampu PJUTS dapat menyala secara otomatis dan bekerja dengan baik” ujarnya dalam sesi evaluasi proyek KKN.

Ditempat yang sama, Ernawanto selaku Kepala Desa juga menuturkan bahwa proyek PJUTS ini kedepannya diharapkan sangat bermanfaat khususnya bagi masyarakat Sumantoro, terlebih untuk mobilisasi warga saat malam hari.

Penulis : Nama : Tobibul Mahbub

Pekerjaan : Mahasiswa Prodi : S1 Pendidikan Elektro

Univ : Universitas Negeri Malang