Jalin Keakraban Dengan Kuli Tinta, BPJamsostek Pasuruan Adakan Ngobrass

Jalin Keakraban Dengan Kuli Tinta, BPJamsostek  Pasuruan Adakan Ngobrass Kepala BPJamsostek Pasuruan, Arie Fianto (kanan) Foto Iwan dayat

Kabarwarta.id - Badan penyelenggara Jaminan Sosial Sosial Ketenagakerjaan yang biasa dipanggil BPJAMSOSTEK kantor Cabang Pasuruan menyelenggarakan Ngobrol Bareng Sahabat Perss (NGOBRASS).

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dengan sahabat media wilayah Pasuruan. Raya (kota dan kabupaten). Sebanyak 26 Sahabat media  yang diundang adalah anggota aktif Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan dan Aliasi Jurnalis Independen (AJI) Malang yang bertugas di wilayah Pasuruan.

"Melalui Gathering  ini, BPJAMSOSTEK Pasuruan ingin meningkatkan hubungan erat dengan Sahabat media dalam rangka ikut mengedukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat terhadap pentingnya mendapatkan perlindungan dari Program BPJAMSOSTEK," tandas Arie Fianto Syofian selaku kepala kantor cabang BPJAMSOSTEK Pasuruan.

Arie menjelaskan, BPJAMSOSTEK sendiri akan terus berupaya meningkatka pelayanan dan manfaat dengan tanpa meningkatkan iuran, bahkan, dimasa pandemic covid-19 saat ini, BPJAMSOSTEK telah memberikan discount (potongan) iuran bagi peserta hingga 99%.

"kami berharap dengan adanya kegiatan ini melalui media, masyarakat tau dan paham atas manfaat yang akan diperoleh masyarakat secara luas. Tidak hanya untuk program Bantuan Subsidi Upah yang diberikan pemerintah terhadap para pekerja dalam upaya pemulihan ekonomi dimasa Pandemi Covid-19 yang  diberikan bantuan sebesar RP.600.000,-/bulan. hingga saat ini,  BPJAMSOSTEK Pasuruan telah menyerahkan rekening valid kepada pemerintah pusat sebanyak 161.000. kami akan melakukan peningkatan kepesertaan aktif BPJAMSOSTEK secara terus menerus, baik peserta PU maupun BPU hingga 31 Oktober 2020. sehingga, tidak ada yang tertinggal jika pemerintah kembali menggunakan basis data peserta aktif BPJAMSOSTEK sebagai data potensi untuk kelanjutan program pencegahan Covid-19 dan pemulihan ekonomi," Terang Arie.

Terkait pelayanan Arie mengungkapkan bahwa BPJAMSOSTEK telah memberikan kemudahan terhadap peserta, salah satunya dengan membuka layanan secara online yang mudah diakses oleh peserta untuk memperoleh nomor antrian di bpjsketenagakerjaan.go.id.

Selain itu, Arie menegaskan bahwa pihaknya juga memberikan layanan secara kolektif terhadap perusahaan yang telah melakukan PHK secara masal. "kanal offlinepun kami berikan khusus terhadap peserta yang kesulitan dalam menggunakan layanan online," tegasnya.

Selain layanan diatas, juga ada layanan prioritas terhadap peserta yang dengan keterbatasan tertentu.

"Peserta seperti lanjut usia, ibu hamil, disabilitas dan lain sebagainya, kanal - kanal tersebut yang bisa disebut dengan LAPAK ASIK BPJAMSOSTEK," jelas Arie.

Wilayah operasional BPJAMSOSTEK Pasuruan sendiri meliputi Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan juga Kota dan Kabupaten Probolinggo.

"Ini merupakan tantangan bagi kami dengan luasnya wilayah operasional, tentunya butuh sahabat media untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat secara luas, khususnya yang ada di wilayah operasional kami. Peran media sangat peting dalam memberikan informasi terhadap masyarakat sehingga masyarakat paham dengan hadirnya BPJAMSOSTEK terutama informasi terhadap manfaatnya. hingga saat ini, jumlah peserta aktif BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Pasuruan sudah mencapai 173.035. dari jumlah peserta tersebut, harapan kami melalui sahabat media semua dapat memberikan informasi terhadap update manfaat yang diberikan oleh BPJAMSOSTEK kepada peserta juga masyarakat secara luas, Tercatat sampai 22 Oktober 2020, BPJAMSOSTEK Pasuruan telah membayarkan klaim terhadap peserta sebesar Rp 287.944.444.999,- jumlah tersebut secara rinci antara lain, terdiri dari pembayaran klaim JHT sebesar Rp.252.962.788.190,- dari jumlah kasus 20.531, klaim JKK Rp.19.210.126.739,30 jumlah kasus 1.559, klaim JKM Rp.12.280.000.000,- jumah kasus 329, klaim JP Rp.3.491.530.070,- jumlah kasus 513," pungkas Arie.(hms/dyt)