Jalur Jurang Ampel Prigen Lebih Safety, ini Penyebabnya

Jalur Jurang Ampel Prigen Lebih Safety, ini Penyebabnya Deretan Ban bekas yang dicat biru putih sebagai pengaman di pertigaan Jurang Ampel, Lumbangrejo, Prigen, Pasuruan. Foto Iwan dayat

Kabarwarta.id - Jalut Jurang Ampel yang berada di Desa Lumbangrejo, kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan saat ini lebih safety (aman) ini penyebabnya.

Di simpang tiga jurang ampel sudah dilengkapi pengaman tembok setinggi 1, 5 meter dan didepanya dilengkapi deretan ban sebagai tambahan pengaman untuk meminimalisir kecelakaan.

"Alhamdulilah sejak ada pengaman tambahan berupa deretan ban. Mulai tiga bulan yang lalu pemuda desa dibantu linmas juga membantu mengarahkan pengguna jalan saat arus lalu lintas padat. tepatnya hari sabtu dan minggu atau hari libur," kata Edy Susanto, tokoh masyarakat Prigen, senin (11/1/21).

Menurutnya, pengaman yang dipasang sekitar tiga bulan yang lalu sangat efektif meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang didominasi akibat rem blong di jurang ampel.

"Dari enam pemuda ada yang bertugas di pertigaan Trawas - Lumbangrejo yang mengarahkan roda empat atau lebih agar melalui jalur yang ditetapkan dan ini juga seringkali dibantu aparat dari polsek Prigen dan Koramil," imbuh Edy.

Jurang Ampel terkenal sebagai tempat laka lantas yang seringkali memakan korban jiwa karena jalurnya yang menikuk dan menjorok tajam dari arah Trawas menuju Prigen kabupaten Pasuruan.

"Diantara enam pemuda yang berasal dari karang Taruna Desa Lumbangrejo ada satu pemuda yang menguasai ilmu mekanik dan seringkali membantu mobil atau motor yang mogok di jalur ini," tegas Edy.

Jalur ini seringkali dimanfaatkan oleh pengguna jalan yang akan berwisata ke Cimory maupun puncak Tretes saat jalur utama Pandaan - Prigen dalam keadaan padat.(dyt)