Kegiatan Anti Bosan Dikala Di Rumah Aja Saat Pandemi Corona

Kegiatan Anti Bosan Dikala Di Rumah Aja Saat Pandemi Corona Foto penulis, Mifthachul Nurrizcha Alimin

Kabarwarta.id - Kegiatan Anti Bosan dikala di rumah aja Saat Pandemi corona

Oleh: Mifthachul N. Alimin (mahasiswi jurusan sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang)

Wabah Virus Corona, atau Covid-19 saat ini, kurang lebih sudah memasuki bulan ke 3 di Indonesia,  selama itu pula, masyarakat melakukan social distancing atau melakukan segala aktifitas di rumah aja selama masa pandemi ini. 

Walaupun, saat ini sudah mulai memasuki tahapan 'New Normal' tetapi, masyarakat masih saja tetap di anjurkan untuk menggunakan masker, ataupun protokol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah.

Selama masa percobaan New Normal ini berjalan di rumah aja, adalah keputusan yang paling baik, jika tidak ada kepentingan yang darurat. Nah, selama di rumah saja, banyak sekali masyarakat, khususnya anak muda yang bosan dan bingung harus melakukan apa, maka dari itu, kali ini saya ingin membagi hal – hal atau kegiatan yang menurut saya dapat bermanfaat menghilangkan rasa bosan selama di rumah aja dimasa pandemi ini.

Kegiatannya yaitu: Membaca Buku/Wattpad/Webtoon Yang pertama, saya mulai dari membaca, sebenarnya mungkin membaca membosankan bagi sebagian orang, karena dirasa tidak menarik, tetapi jika mereka bisa mencari buku yang sesuai dengan genre yang disukai mereka akan mulai merasa nyaman, karena saat ini zaman sudah semakin canggih banyak sekali aplikasi buku online seperti wattpad/webtoon, disana, kita bisa mencari cerita sesuai dengan keinginan kita, dan jika ceritanya sudah habis kita bisa mencari cerita yang lain.

Menonton Film/Drama Korea/Youtube Yang kedua yaitu, menonton film/drama korea/youtube, karena film dan drama memiliki durasi yang lama bahkan drama memiliki banyak episode kita tidak akan menyadari bahwa kita telah melalui waktu yang panjang, dan jika film/drama tersebut sudah habis, kita bisa menonton film/drama yang lain, dan menonton youtube di banyak channel yang kita sukai. Sehingga, kita tidak akan merasa bosan, atau bahkan enggan berdiri dari tempat tidur kita karena, terlalu asyik dengan apa yang kita lihat.

Melakukan Virtual Photoshoot Yang ketiga ini merupakan hal yang paling disukai banyak kalangan, baik perempuan, maupun laki – laki, selain dapat menghabiskan waktu vp/virtual photoshoot ini juga bisa bermanfaat untuk mengisi feed instagram teman – teman. Tidak hanya sendiri, vp ini juga bisa dilakukan bersama saudara di rumah.

Belanja online Selanjutnya yang keempat, selama di rumah aja, masyarakat jadi susah untuk membeli barang – barang kebutuhan di pasar, tetap saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan jasa online shop yang mudah di akses masyarakat untuk mendapatkan barang – barang kebutuhan mereka, tanpa keluar dari rumah. contohnya seperti, shopee, lazada, tokopedia, gojek/grab, dll. Nah, disini teman – teman bisa menghabiskan waktu untuk mencari barang – barang yang teman – teman inginkan, seperti, mencari pernak – pernik atau hiasan kamar, thrifting baju/sepatu secara online, dll. Sehingga, tidak akan merasa bosan. Mendesain kamar Yang kelima, teman – teman bisa mendesain kamar agar lebih nyaman, dan terlihat aesthetic, bisa desain sesuai dengan keinginan, ataupun mencari ide melalui youtube, atau gambar – gambar di google. Selama mendesain kamar ini, teman – teman akan disibukkan dengan kegiatan mencari barang – barang apa saja atau, tema apa yang cocok untuk kamar teman – teman, selain itu, saat proses perombakan akan menyita waktu, tetapi akan sangat menyenangkan, sehingga tidak akan terasa bosan.

Diskusi online mengenai topik yang kalian suka Yang keenam, cara yang kali ini sedikit berbeda dengan cara – cara sebelumnya, kali ini, kita bisa berdiskusi online dengan teman – teman kita untuk membicarakan topik – topik yang kita sukai, contohnya seperti, mendiskusikan apa saja yang sedang terjadi di dunia selama masa pandemi ini, kemudian, mendiskusikan tentang pelajaran yang sulit, bisa juga, diskusi mengenai fashion atau bertukar cerita mengenai kegiatan masing - masing selama masa pandemi.

Memasak Yang ketujuh ini adalah memasak, selama masa pandemi, dan di rumah saja seperti ini, kita dapat memanfaatkan waktu untuk belajar memasak, seperti, soto, rawon, ayam panggang, ataupun, kita juga bisa membuat dessert ala – ala restoran mahal, membuat minuman kekinian yang sedang viral, ataupun, membuat camilan yang gampang seperti, pisang goreng, ubi goreng, dll. Selain untuk belajar, kita juga bisa menjual makanan yang telah kita buat secara online, selain untuk membuang rasa bosan, juga bisa menghasilkan uang.

Yang terakhir adalah, membuat video, bisa melalui tik tok, ataupun vlog youtube, disini, bukan joget tik tok yang akan saya bahas, tetapi, video untuk edukasi, selama masa pandemi ini untuk kegiatan sekolah/kuliah dilakukan secara daring, dimana, hal ini membuat beberapa siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan dikarenakan oleh banyak hal seperti, sinyal, dll. Maka dari itu, kita bisa membuat kiat – kiat belajar ala kita, atau, membuat video belajar matematika, belajar bahasa inggris, membuat tutorial memasak, dll melalui tik tok, atau vlog, siapa tahu itu bisa membantu banyak orang yang mengalami masalah belajar di bidang apapun. Hal – hal diatas adalah beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan selama masa di rumah aja, dan masa New Normal sebelum pandemi ini benar – benar berakhir.

Karena, kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir, maka kita hanya bisa mengupayakan yang terbaik untuk diri kita dan orang lain, sekaligus membantu para pejuang di garda terdepan agar mereka tidak kesulitan dalam menangani banyaknya pasien Corona karena, mereka adalah orang yang paling ber resiko untuk tertular virus ini.

Maka, sebagai warga negara yang baik, marilah kita saling membantu agar pandemi Covid – 19 di Indonesia ini cepat berakhir. Semoga kegiatan diatas dapat membantu teman – teman dalam mengatasi rasa bosan, terimakasih dan selamat mencoba.

Biodata penulis:

Nama: Mifthachul Nurrizcha Alimin

Email: michullmaulana19@gmail.com

Pekerjaan : Mahasiswa Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang