Korupsi Di Indonesia, Ibarat Akar Yang Kuat Dan Bercabang

Korupsi Di Indonesia, Ibarat Akar Yang Kuat Dan Bercabang Penulis: Dwi Fila Novitasari

Kabarwarta.id - Korupsi di Indonesia, ibarat akar yang kuat dan bercabang

Oleh: Dwi Vila Nofitasari (Mahasiswi universitas Muhammadiyah Malang Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Korupsi, adalah sebuah kesalahan yang sangat buruk, jika terjadi kepada individu, maupun kelompok. Sudah menjadi pembahasan yang sangat familiar di teliga masyarakat secara luas, tentang apa itu korupsi?. Seperti halnya korupsi yang telah terjadi di belahan dunia, khususnya korupsi di indonesia yang tiada hentinya.

Dalam sejarah kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial, tidak akan jauh dengan yang namanya korupsi.Dalam rentetan tahun, korupsi sudah menjadi akar yang sangat kuat untuk di cabut dari orang – orang yang melakukan korupsi.

Korupsi sama halnya seperti akar yang sangat kuat dan bercabang sehingga, perlu banyak tindakan dan kebijakan untuk mencabut akar yang kuat, khususnya, korupsi yang terjadi di indonesia. Korupsi yang ada di Indonesia seakan sudah menjadi akar yang bercabang, bagaimana tidak? dari dulu, dari setiap tahun tentunya, banyak sekali masalah – masalah korupsi yang terjadi.

Dapat di lihat dari kasus – kasus korupsi yang telah terjadi sampai sekarang. Bahwa, korupsi di indonesia sudah menjadi akar yang kuat, jika kebijakan dan undang – udang yang digunakan masih tidak seimbang dengan masalah korupsi yang sudah ber akar dan bercabang. Korupsi yang ada di indonesia itu adalah, korupsi yang seakan sulit dihilangkan, sebab, mulai dari tahun – ke tahun, sampai sekarang, korupsi di indonesia sudah sangat sulit untuk di berantas.

Dengan adanya lembaga pemberantas korupsi, yakni KPK di indonesia sediri menurut saya, sudah mampu mengatasi korupsi meskipun tidak 100%. Korupsi sebagai kekuatan akar di indonesia mungkin, judul opini ini sudah dapat mengungkapkan bagaimana kondisi korupsi yang terjadi di indonesia sediri.

Semua hal yang ada bau korupsi dapat dibuktikan dengan pemberantasan agar korupsi tidak menjadi budaya di indonesia. Sangat di perlukan kebijakan dan undang – udang yang ada harus dengan tegas mengaturnya. Namun, dalam hukum di indonesia, masih mempertimbangankan ham dan rasa kemanusiaan, sehingga, hal ini sangat sulit untuk memberantas korupsi di indonesia secara menyeluruh.

Sudah banyak cara pemberantasan korupsi yang telah di lakukan di indonesia, dari perubahan undang – undang yang dilakukan pemerintah. Hal ini menurut saya, perubahan yang di buat tidak merubah koruptor yang melakukan korupsi. Inilah yang menujukan korupsi sudah berakar kuat, seperti, kita ketahui akar yang kuat akan sulit untuk di cabut dengan kekuatan apapun.

Karena, dalam perkembangan akar sediri sangat bercabang. Nah, dalam pembahasan akar, kita dapat meng ilustrasikan korupsi ber akar kuat di indonesia. Korupsi sebagai akar kuat dengan di dukung kasus korupsi yang telah terjadi di indonesia. Korupsi tidak haya dilakukan di dalam dunia politik saja.

Banyak korupsi yang telah dilakukan seperti, korupsi dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial. Hal inilah yang kami maksut dengan akar yang bercabang di dalam korupsi di indonesia. Maka dari itu, mulai dari diri sediri kita harus mampu mengambil sikap untuk memberantas korupsi di indonesia.