Kotak Teka Teki

Kotak Teka Teki Pamflet pementasan kotak Teka - teki. Foto salihara

Jakarta, kabarwarta.id - Komunitas Salihara dengan bangga mempersembahkan pementasan Kelas Akting Salihara 2022 pada 25 dan 26 November 2022. Pementasan ini menghadirkan peserta Kelas Akting Tingkat 1 dan 2 yang akan membawakan tiga lakon yakni: Kotak Teka-Teki, Tuhan, Tolong Bunuh Emak, dan Makan Malam.

Kelas Akting Salihara sendiri merupakan program reguler yang diselenggarakan setiap tahun; kelas dibagi dalam Tingkat 1 dan Tingkat 2.

Dalam program ini, peserta akan mendalami metode keaktoran menggunakan Sistem Stanislavski selama tiga bulan dan kelas ini bisa diikuti oleh siapa saja yang tertarik untuk menyelami seni peran tanpa menimbang latar belakang keaktoran masing-masing peserta. Pada akhir kelas, para peserta harus mempresentasikan hasil latihan mereka dalam bentuk sebuah pementasan yang bisa dilihat pada Jumat dan Sabtu pekan ini.

Kurator Teater Komunitas Salihara, Hendromasto Prasetyo mengatakan tujuan utama dari program Kelas Akting ini adalah untuk mendistribusikan pengetahuan kepada mereka yang tertarik mendalami seni peran. Hasil dari pelatihan ini tentunya dapat diimplementasikan sesuai kebutuhan masing-masing peserta dalam kehidupan sehari-hari.

“Program ini sejak awal didesain untuk menjadi ruang mendistribusikan pengetahuan yakni seni peran. Kita percaya seni peran tidak hanya berguna bagi para aktor di panggung atau di depan kamera, tetapi juga bisa untuk keseharian. Bagaimana seni peran dapat dipahami semua orang tanpa peduli latar belakangnya. Jadi hadirnya kelas ini adalah untuk mereka bisa mendalami dan mengimplementasikannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing," kata Hendromasto.

Lebih lanjut Dirinya mengungkapkan, "Kelas ini dilatih langsung oleh Rukman Rosadi yang juga akan hadir sebagai sutradara dalam tiga lakon yang akan dipentaskan. Menariknya, dalam Kelas Akting tahun ini, peserta Tingkat 2 akan memainkan dua naskah hasil dari Kelas Menulis Lakon Salihara yakni Tuhan, Tolong Bunuh Emak yang ditulis oleh Yessy Natalia dan Makan Malam oleh Aziz Asthar," terangnya.

Menurutnya, Ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh Kelas Akting Salihara 2022. Melalui kedua karya tersebut, peserta Tingkat 2–yang sebelumnya harus sudah mengikuti Tingkat 1–akan menghadirkan karakter-karakter khusus dalam lakon yang belum pernah dipentaskan dalam bentuk teater sebelumnya.

Pada pentas peserta Tingkat 1 yang akan dipentaskan pada Jumat, 25 November 2022, peserta akan membawakan Kotak Teka-Teki yang ditulis oleh Rukman Rosadi. Naskah ini sendiri bercerita tentang garis-garis yang membingkai perjalanan hidup tiap manusia.

Garis yang pada satu langkah perhentian kadang membawa pada keterasingan yang penuh teka-teki. Melalui pentas yang berdurasi 40 menit, peserta akan menguji diri mereka masing-masing seturut dengan Sistem Stanislavski yang telah mereka pelajari.(Sa)