Limbah Botol Plastik Diubah Menjadi Media Tanam Vertikal Oleh PMM 70 UMM

Limbah Botol Plastik Diubah Menjadi Media Tanam Vertikal Oleh PMM 70 UMM PMM 70 UMM mengolah botol bekas menjadi tempat media tanam vertikal. Foto Muhammad Reza Sukma Dika

Malang,kabarwarta.id - Mahasiswa PMM 70 UMM Manfaatkan Limbah Botol Plastik Bekas dalam Pembuatan Sistem Penanaman Vertikal Garden di Panti Asuhan Akhaqul Karimah Malang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam PMM (Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa ) Mahasiswa UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) kelompok 70 gelombang 2 tahun 2021 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Sholahuddin Al Fatih, S.H., M.H, Memanfaatkan botol plastik bekas dalam pembuatan sistem penanaman vertikal garden yang berlokasi di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah ini berlokasi di Desa Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Kelompok yang beranggotakan Yoga Arif Firmansyah, A’isyah Mutiara Sabrina, Nadia Rahma Shafira, M. Reza Sukma Dika, dan Sofia Nur Azizah mulai melakukan kegiatan ini sebagai salah satu program kerja yang disusunnya.

Tujuan dilakukannya program ini yaitu memanfaatkan botol plastik bekas, memperindah dinding yang ada dipanti asuhan akhlakul karimah malang dengan tanaman hias pukul sembilan.

Pemilihan tanaman ini didasarkan pada sifat bunganya yang dapat memperindah suatu tempat. Dinamakan bunga pukul sembilan karena bunga in mekar sempurna pukul 9 hingga pukul 12 siang.

Setelah itu menguncup dan mekar kembali pukul 4 sore hingga matahari tenggelam. Membutuhkan waktu sekiranya 2 minggu untuk menyelesaikan semua tahapan dalam pembuatan vertikal garden ini, mulai dari pengumpulan botol bekas yang jumlahnya cukup banyak yakni sekitar 70 buah, pemotongan, pengecetan botol plastik bekas, pembelian bibit bunga pukul sembilan, pengukuran tempat, serta penanaman bibit bunga pukul sembilan.

Dalam pelaksanaanya anak – anak panti asuhan turut membantu kelancaran program ini, anak – anak panti asuhan akhlaqul karimah malang sangat senang, terlihat raut wajah mereka sangat gembira diadakannya program ini.

“saya sangat senang sekali bisa mengikuti program ini, anak – anak juga bisa berkreasi dalam pengecetan botol dan penanamannya, selain itu kita bisa lebih dekat lagi dengan mas, dan mbaknya” ujar erly salah satu anak Panti Asuhan Akhlaqul Karimah Malang.

Ditempat yang sama, Cicik selaku pengurus panti asuhan akhlaqul karimah malang juga memuji hasil akhir sistem penanaman vertikal garden ini “programnya bagus mbak, dinding yang dihiasi dengan tanaman pukul sembilan ini juga terlihat cantik, pengerjaanya juga rapi” ujar  Cicik.

Biodata Penulis

Nama : Muhammad Reza Sukma Dika

Alamat : Perum. Sukun Pondok Indah, Sukun Malang

 Email : Rezasukmad@gmail.com