Mahasiswa PMM UMM Ajari Siswa Paud Di Bojonegoro AKB

 Mahasiswa PMM UMM Ajari Siswa Paud  Di Bojonegoro AKB  Mahasiswa PMM UMM kelompok 3 di Bojonegoro mengamati AKB pada siswa Paud TK Aba. Foto Akbar Adi Prasetyo

Bojonegoro, kabarwarta.id - Mahasiswa PMM UMM Mengajari siswa Paud di kabupaten Bojonegoro AKB (Adaptasi kebiasaan baru).Dulu nama besar Kampus disebabkan kehebatan Mahasiswanya, sekarang Mahasiswa ingin tenar karena nama besar Kampusnya, (UMM) Universitas Muhammadiyah Malang (Akbar Adi).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 3 gelombang 8 didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (Chalimatuz Sa’diyah, SE., MM.) dan dinaungi oleh DPPM (Direktorat Penelitian dan Pengabdian) Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini dilakukan di Kelurahan Klangon, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur.

Adaptasi Kebiasaan Baru yang diterapkan oleh PMM UMM Kelompok 3 di Sekolah PAUD Alam ABA 2 Bojonegoro dengan membantu dan mendampingi menyesuaikan aktivitas hidup sehat dan menjaga imunitas tubuh yang kuat di era pandemi Covid-19.

Kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 3 PMM UMM adalah dengan cara menerapkan perilaku hidup sehat sejak usia dini. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kelurahan Klangon, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro.

“Masa pandemi sudah hampir satu tahun lamanya yang menyebabkan sekolah jarak jauh, termasuk PAUD Alam ABA 2 Bojonegoro yang dilakukan secara daring dalam masa wabah Covid-19 berlangsung. Sebagai salah satu bentuk adaptasi kebiasaan baru di lingkungan pendidikan sejak usia dini ini melalui izin terbuka dari pihak Kepala Kelurahan Klangon dengan mematuhi protokol kesehatan,"  kata Akbar.

bersama anggotanya yang terdiri dari, Fajar Adyapratama, Agus Syaiputra Sugiarto, dan Alfyanadi Rachmawan mengadakan PMM selama 30 hari di Kelurahan Klangon, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur.

Sosialisasi adaptasi kebiasaan baru dilakukan secara langsung terjun di Sekolah PAUD Alam ABA 2 Bojonegoro dengan menerapkan 3M (Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) selain itu kami dari kelompok 3 PMM UMM memberikan adaptasi baru berupa pengecekan suhu badan pada anak dengan menggunakan thermometer suhu, setelah itu anak dibiasakan dengan mencuci tangan sebelum memasuki ruangan dan tetap menjaga jarak saat berbaris.

Hal ini merupakan edukasi kebiasaan yang baik dilakukan oleh mahasiswa dan guru sejak usia dini. Sosialisasi edukasi ini kami biasakan kepada murid-murid PAUD kelas A dan B sebagai sasaran utama pada kegiatan edukasi kali ini. Sosialisasi tersebut dimulai minggu kedua kegiatan PMM pada tanggal 17 Juni 2021.

Tak hanya sosialisasi adaptasi kebiasaan baru yang dilakukan di PAUD Alam ABA 2 Bojonegoro, ada juga pendampingan serta membantu guru dalam kegiatan Merdeka Belajar.

Hal yang dilakukan adalah menyisipkan ice breaking dan juga games yang mengedukasi, seperti menjahit dengan gambar. Indikator keberhasilan dalam program edukasi adaptasi kebiasaan baru di lingkungan sekolah PAUD Alam ABA 2 Bojonegoro ini adalah guru merasa terbantu dengan datangnya mahasiswa PMM UMM kelompok 3.

Menurut pengakuan salah satu guru PAUD, Ibu Ri’ah adalah kini program tersebut terus berjalan setiap harinya sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung setiap paginya. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kelompok 3 PMM UMM dirasa kegiatan berlangsung dengan sesuai harapan dan membawa manfaat di Sekolah PAUD Alam ABA 2 Bojonegoro.

Akbar Adi salah satu perwakilan Kelompok 3 PMM UMM berharap dengan mengadakan program PMM tersebut mereka berharap dapat menumbuhkan rasa kesadaran dan pembelajaran sejak usia dini oleh anak-anak PAUD Alam ABA 2 Bojonegoro di Kelurahan Klangon, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur.

Biodata Penulis

Nama : Akbar Adi Prasetyo

Email : akbaradipraset@gmail.com

Alamat : JL. AIS Nasution Gg. Sidodadi 2 No. 28 Bojoneg