Mahasiswa UMM Berikan Sosialisasi K3 dan APD Kepada UMKM Mebel

Mahasiswa UMM Berikan Sosialisasi K3 dan APD Kepada UMKM Mebel Mahasiswa PMM UMM (kiri) mensosialisasikan K3 dan memberikan bantuan APD (kanan). Foto Arindra Putri

Malang, kabarwarta.id – Di dalam suatu industri, Kesehatan dan Keselamat Kerja (K3) mempunyai peran penting untuk menjamin setiap tenaga kerja mendapatkan perlindungan kesehatan dan keselamatan selama bekerja, menjamin setiap sumber produksi layak dan aman digunakan sehingga mengurangi resiko kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja.

Resiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimama saja termasuk lingkungan tempat kerja. Dan di UMKM mebel di Desa Kepuharjo masih belum menerapkan K3 dilingkungan kerja. Maka dari itu, Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (PMM UMM) kelompok 47 mengadakan program kerja sosialisasi K3, serta memberikan Alat Pelindung Diri (APD) dan juga visual display ke UMKM Mebel di Desa Kepuharjo, Karangploso, Malang.

Sosialisasi K3 ini membahas mengenai resiko kecelakaan di dalam lingkungan kerja, serta pentingnya K3 dalam dunia kerja. Dan APD yang diberikan ke UMKM mebel meliputi sarung tangan, kacamata safety, dan juga sepatu safety. “Terimakasih atas bantuannya berkat alat safety yang diberikan adik-adik, pekerjaan saya menjadi lebih aman dan tidak khawatir lagi dalam bekerja. Dan kacamata safety ini bisa saya gunakan saat menggergaji.” Tutur Aripin, pekerja di UMKM mebel.

Selain APD, Mahasiswa UMM juga memberikan beberapa visual display yang nantinya akan dipasang di lingkungan kerja. Visual display di sini digunakan sebagai alat peringatan untuk pekerja maupun konsumen yang memasuki lingkungan kerja agar lebih meminimalisir terjadinya bahaya. Wahyu selaku pekerja mengatakan bahwa visual display ini sangat bagus dan bisa sebagai pengingat kita selama bekerja.(Arindra)