Manfaat Pesan Persuasif Didalam Berkomunikasi Bisnis

Manfaat Pesan Persuasif Didalam Berkomunikasi Bisnis Foto Penulis Junda Naufal Eresyah

Malang, kabarwarta.id -Manfaat Pesan Persuasif Didalam Berkomunikasi Bisnis pentingnya pesan persuasif didalam berkomunikasi bisnis.

Sebelumnya, apasih pesan persuasif itu? Mari membahas lebih lanjut tentang pesan persuasif Pesan persuasif adalah salah satu cara berkomunikasi dari pengirim pesan/komunikan kepada penerima pesan/komunikator yang mana memiliki maksud untuk mendorong atau memotivasi atau mengajak penerima pesan supaya menyampaikan ide yang dapat mempengaruhi pola pikir, logika dan emosional dan sebagai outputnya komunikator melakukan sesuatu dengan sadar dan sengaja baik melalui pesan verbal dan non-verbal.

Pada suatu organisasi atau perusahaan, pesan persuasi bertujuan agar audiens dapat memberikan ide/saran pada perencanaan kerja agar prosedur oprasional lebih efisien.

Ciri-ciri pesan persuasif yang baik adalah pada saat komunikator/audiens menerima pesan yang disampaikan oleh komunikan lalu komunikator dapat memahami, mengerti dan memiliki keinginan untuk melakukan apa yang telah komunikan sampaikan.

Terdapat 2 jenis perbedaan pesan persiasif, yaitu persuasif verbal dan persuasif non-verbal. Pesan persuasif verbal adalah pesan yang menggunakan kata-kata atau disampaikan secara lisan, sementara pesan persuasif non -verbal adalah penyampaian pesannya melalui media cetak atau surat kabar seperti slogan, spanduk, koran, dan lain-lain. Pesan persuasif berfungsi untuk mempengaruhi fikiran, perasaan dan tingkah laku seseorang kemudian melakukan tindakan atau perbuatan sebagaimana yang dikehendaki.

Selain itu, bagi pebisnis pesan persuasif memiliki manfaat untuk mendorong komunikator dalam pengambilan suatu keputusan yang mana menjadi kendala bagi komunikator karena didalam pesan persuasive sendiri memiliki bukti, argumentasi penalaran spesifik dan logis sehingga menjadi membuka peluang besar bagi komunikator untuk bertindak.

Selanjutnya, pesan persuasif memiliki manfaat sebagai pengasah kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dan benar bagi penyangirim pesan/komunikan.

Penulis

Nama: Junda Naufal Eresyah

Akuntansi/Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Malang