Masih Pandemi, Mahasiswa UMM Berikan Pelatihan IT Kepada Masyarakat Lowokwaru

Masih Pandemi, Mahasiswa UMM Berikan Pelatihan IT Kepada Masyarakat Lowokwaru Mahasiswa UMM memberikan pelatihan IT melalui saran Laptop dan android di kecamatan Lowokwaru kota Malang. Foto Galih Fauzan Firdaus

Malang,kabarwarta.id - Masih Pandemi, Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang, kelompok 48 pada gelombang 2 yang di laksanakan di kecamatan Lowokwaru, Kabupaten Malang dengan pelatihan IT kepada masyarakat.

Kegiatan pelatihan oleh PMM tersebut dihadiri oleh Ketua RW 01 kecamatan Lowokwaru, dan sejumlah perwakilan pengurus Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Ketua Pokja 3, kegiatan pembukaan PMM diawali dengan kerja bhakti bersama warga dan dilanjutkan dengan pembukaan secara simbolis.

Kegiatan PMM (Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa) merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa yang diperuntukkan kepada masyarakat yang mana kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

PMM kelompok 48 beranggotakan 5 orang yaitu Nadia Nur Megawangi dan Galih Fauzan Firdaus (Koordinator) dari Fakultas Agama Islam (FAI), Mochammad Syahfri Zuman dan Johan Arifuddin Hakim dari Fakultas Teknik (FT), dan Dimas Ario Putro dari Fakultas Hukum (FH) PMM 48 ini mengusung tema 'Meningkatkan Kebun Urban Farming warga agar lebih menghasilkan dengan mendirikan Vertical Garden'.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan di kecamatan Lowokwaru dengan bentuk edukasi kepada warga dan juga membantu warga dalam kegiatan tanam, Selain itu PMM 48 juga akan membantu warga dengan menyuplai bibit, pupuk, pot, dan tentunya media tanam. Alasan mengapa PMM Kelompok 48 berfokus pada mendirikan Vertical Garden karena pandemi COVID-19 telah memberikan dampak buruk terhadap perekonomian warga, selain itu warga juga bersemangat dalam melakukan kegiatan bertanam ditempat yang mini oleh karena itu pembuatan Vertical Garden diharapkan mempu memberikan hasil tanam yang dapat membantu perekonomian warga dan membantu mengembangkan kebun Urban Farming.

Kegiatan pembukaan diawali dengan kerja bhakti bersama warga. Pak Margo selaku Ketua Rukun Warga menyambut baik kegiatan PMM ini dan menyampaikan kepada seluruh anggota PMM bahwasanya beliau berharap dengan adanya kegiatan PMM ini masyarakat dapat mengembangkan potensi dari hasil tanam yang ada di lingkungan mereka. Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Masjid Al-Mukhlisin dibantu PMM UMM kelompok 48 mengadakan kegiatan shalawatan dan penampilan dari TPQ Al-Mukhlisin pada tanggal 13 Maret 2021.

PMM UMM kelompok 48 membantu persiapan penampilan yang akan dilakukan oleh anak-anak TPQ Masjid Al-Mukhlisin. Adapun penampilan yang akan dilakukan oleh anak-anak TPQ yaitu seperti membaca kitab kuning, hafalan-hafalan dan juga banjari. Kegiatan dihadiri oleh beberapa warga dan wali murid TPQ. Berdasarkan hal tersebut PMM UMM 48 membantu berjalanya kegiatan agar selesai tepat pada waktunya tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Moch Yazid selaku ketua Ta’mir Masjid Al-Mukhlisin membuka kegiatan tersebut dan mengatakan “agar kita meningkatkan taqwa kita dan jangan sampai meninggalkan shalat” Pada masa pandemi COVID 19 seluruh kegiatan diadakan secara daring. H

ini memberikan dampak negatif kepada orang-orang tua yang mayoritasnya kurang aktif dalam penggunaan produk digital dan gadget. Menarik dari permasalahan diatas PMM UMM 48 dalam kegiatan PMM mengadakan sosialisasi dan pelatihan bagaimana melakukan kegiatan kerja melalui internet dan bagaimana penggunaan gadget agar lebih bermanfaat.

Dalam kegiatan PMM di kecamatan Lowokwaru kelompok 48 PMM UMM memberikan pelatihan seputar penggunaan gadget dan pemanfaatan internet dalam bekerja. Oleh karena itu, kami melakukan pelatihan secara terbuka bagi warga setempat dengan menerapkan protokol kesehatan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teknologi terkini guna mempermudah aktivitas di masa pandemi ini.

Pelatihan yang dilakukan seputar bagaimana penggunaan PDF Office yang biasa dilakukan untuk membuat surat dalam bentuk file PDF, tata cara mempromosikan dagangan di media sosial yang saat ini sering digunakan oleh masyarakat, membuat poster menggunakan gadget dan bagaimana merespon penipuan yang kerap terjadi di internet.

Hal tersebut dilakukan dikarenakan kesulitan yang dihadapi orang-orang tua dalam melakukan pekerjaan mereka pada pandemi COVID-19 ini.

Warga yang diundang dalam pelatihan ini meliputi ketua Rukun Warga dan ketua POKJA, yang mana sektor tersebut sering mengadakan kegiatan kerja di lingkungan mereka. Sosialisasi tersebut disambut baik oleh warga kecamatan Lowokwaru. P

Margo selaku ketua RW menyampaikan harapanya kedepan dengan pelatihan ini warga khususnya orang tua bisa menguasai media jejaring internet dan gadget, sehingga pekerjaan mereka bisa berjalan dengan mudah dan lancar.

Biodata penulis :

 Nama:Galih fauzan firdaus

Alamat:Reni jaya blok aa 1 no 15a pamulang barat tangerang

 

Pekerjaan:Mahasiswa