Mau Makan Belut, Nikmati Kelezatan Belut 'Sana' Bendungan Dengan Bumbu Pepes Bakar

Mau Makan Belut, Nikmati Kelezatan Belut 'Sana' Bendungan  Dengan Bumbu Pepes Bakar Fendi pengelola warung belut Bendungan 2 menunjukkan Belut 'Sana' Bendungan Kabupaten Pasuruan. Foto Iwan dayat

Kabarwarta.id - Jika anda melintasi wilayah kabupaten Pasuruan, Nikmati kelezatan Belut 'Sana' yang melegenda di Desa Bendungan, kecamatan Kraton, kabupaten Pasuruan.

Belut ini memiliki viri khas, yakni dua bumbu yang disajikan dan jenis masakan belutnya juga ada dua macam, yakni belut bakar dan belut goreng. Bumbu kacang dan bumbu pepes.

"Saya generasi ketiga setelah ibu yang meneruskan usaha masakan belut warisan nenek saya yang bernama Sana semenjak tahun 1960," ujar Fendi Pradiansyah," selasa (29/12/20).

Cucu ke 18 dari mbah Sana (alm) yang membawahi Belut Bendungan 2 ini memaparkan bahwa usaha warisan leluhurnya saat ini sudah memiliki 5 cabang di kabupaten Pasuruan.

"Warung Belut Bendungan 1 berada di Rt 01 Rw 06 Dusun Bendungan, Desa Bendungan, kecamatan Kraton. Belut Bendungan 2 berada di jalan raya Bendungan Kraton tepatnya di depan rambu peringatan batas kecepatan. Belut Bendungan 3 berada di sebelah timur SDN Bendungan, Belut Bendungan 4 berada di sebelah timur SPBU Raci dan Belut Bendungan 5 berada di Desa Sidogiri, kecamatan Kraton, kabupaten Pasuruan," terang Fendi.

Di semua warung belut Bendungan semua dikelola oleh putra dan putri dari Sana (alm) yang dikenal sebagai maestro masakan belut.

"Nenek memiliki tiga putra dab tiga putri sedangkan ibu saya putri nomor 5 yan g mengelola warung belut Bendungan 2," imbuh Fendi.

Rasa dan aroma khas di masakan belut 'Sana' terletak pada proses memasak yang masih mempertahankan alat tradisional seperti tungku yang digunakan untuk memasak nasi dan belut bersama bumbunya.

"Harga per porsi Rp.15.000 dan bisa dikombinasikan antara menu belut bakar dan belut goreng, harga tersebut belum termasuk minuman dan lainya," jelas Fendi.

Warung belut 3 buka mulai pukul 07.00 wib sampai pukul 10.00 wib. Dan warung belut 4 dan 5 mulai pukul 07.00 wib sampai 17.00 wib sedangkan warung belut 1, dan 2 buka mulai pukul 15.00 wib sampai 17.00 wib.

"Tersedia menu biasa dan menu Jumbo dengan ekstra belut dengan harga Rp. 20.000," tambah Fendi.

Bahan baku belut 'Sana' adalah belut tambak yang diolah dengan cara dibakar dan digoreng dengan bumbu khas. "Bahan dasarnya belut tambak, namun kadang juga tersedia belut sawah," pungkas Fendi.(dyt)