Membangun Kesadaran Dan Solidaritas Bersama Dalam Partisipasi Menangani Covid-19 Di Kabupaten Jombang

Membangun Kesadaran Dan Solidaritas Bersama Dalam Partisipasi Menangani Covid-19 Di Kabupaten Jombang Foto Penulis: Wahyu Umattullah A'Liman

Kabarwarta.id - Membangun Kesadaran Dan Solidaritas Bersama Dalam Partisipasi Menangani Covid-19 Di Kabupaten Jombang

Oleh: Wahyu Umattullah A'Liman

Indonesia sedang dilanda peristiwa virus covid-19. Peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang hampir terjadi di seluruh dunia, sehingga WHO menetapkan bahwa virus covid-19 tidak bisa dipandang remeh oleh negara lain.

Karena virus ini mudah menyebar dan sangat berbahaya bagi seluruh masyarakat. WHO juga memberikan solusi berupa protokol terkait hal ini dengan cara, rajin mencuci tangan di air yang mengalir dan menggunakan sabun, serta untuk selalu menggunakan masker bagi seluruh masyarakat yang sedang sakit atau bagi yang tidak sakit.

Pemerintah Indonesia juga  telah berupaya dalam menangani covid-19 ini, dengan memberikan protokol kesehatan yang tidak jauh berbeda dengan protokol yang dianjurkan oleh WHO.

Penerapan protokol yang dianjurkan oleh pemerintah adalah, untuk menjaga jarak satu sama lain, wajib menggunakan masker ketika sedang ber aktifitas di luar rumah, dan sering mencuci tangan dengan menggukan sabun.

Di Indonesia, jumlah Orang yang terpapar Covid-19 terus mengalami peningkatan. Hampir setiap hari terjadi penambahan kasus Corona. Yang berasal dari hampir seluruh wilayah di Indonesia. Dengan adanya virus ini memberikan dampak yang begitu besar dari segi kesehatan hingga perekonomian Negara.

Bertambahnnya kasus positif di Indonesia memberikan gambaran bahwasannya virus ini masih terus menyebar di dalam ruang lingkup kehidupan Masayrakat.

Pemerintah Indonesia memberikan informasi bahwa, tempat-tempat yang memiliki potensi untuk menularkan virus ini adalah, di tempat-tempat keramaian seperti, Pasar dan Mall.

Tempat tersebut memang sangatlah indentik dengan bertemunya Individu dengan Individu lainnya. Maka, Pemerintah selalu tidak berhenti untuk memberikan peringatan atau himbauan kepada Masyarakat untuk selalu mentaati semua protokol kesehatan.

Penyebaran virus covid-19 atau corona juga terjadi di wilayah Jawa Timur. Hampir seluruh penduduk di wilayah ini terjangkit virus corona, sehingga Pemerintah Jawa Timur berusaha untuk memutus penyebaran virus tersebut degan berbagai upaya yang sudah di jalankan sampai saat ini.

Jombang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di wilayah Jawa Timur. Jombang memiliki 21 Kecamatan yang terdiri dari, Kecamatan Bareng, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kecamatan Diwek, Kecamatan Gudo, Kecamatan Jogoroto, Kecamatan Jombang, Kecamatan Kabuh, Kecamatan Kesamben, Kecamatan Kudu, Kecamatan Megaluh, Kecamatan Mojoagung, Kecamatan Mojowarno, Kecamatan Ngoro, Kecamatan Ngusikan, Kecamatan Perak, Kecamatan Peterongan, Kecamatan Plandaan, Kecamatan Ploso, Kecamatan Sumobito, Kecamatan Tembelang,dan Kecamatan Wonosalam.

Dari 21 Kecamatan tersebut, terdapat sebagian Kecamatan yang Warganya atau Penduduknya terpapar virus corona atau covid 19.

Bukan berarti pihak Pemkab Jombang dan Tim Medis Kabupaten Jombang hanya diam saja, namun Mereka melakukan upaya-upaya guna untuk mencegah gejala tersebut menyebar ke warga lainnya.

Kita ketahui bahwasannya, banyak dari Tim Medis dari Pemkab Jombang yang sudah mewanti-wanti untuk tetap selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan yang sudah diberikan oleh Pemerintah.

Usaha Pemerintah kabupaten jombang dan Tenaga Medis dalam penanganan kasus ini dengan melakukan berbagai macam cara. Selain himbaun, tenaga medis merupakan salah satu yang berperan penting dalam hal ini. mereka, memberikan sumbangsi tenaganya untuk ikut serta menangani virus corona.

Bahkan, Mereka rela untuk menyisihkan waktu senggang nya seperti berkumpul dengan Keluarganya Hanya untuk menyelamatkan dan menyembuhkan Masyarakat yang sudah terpapar covid- 19.

Tenaga Medis memang memiliki ruang lingkup dengan para pasein - pasein tersebut. Mereka saat ini memang benar-benar sebagai garda terdepan dalam permasalahan virus corona. Dan berusaha untuk memberikan playanan-playanan terbaik serta mengerahkan sekuat tenaganya unutuk menolong Masyarakat yang terpapar. Sesuai dengan sumpahnya untuk mengabdikan hidupnya kepada kepentingan Perikemanusiaan tanpa membedakan apapun.

Pemkab Jombang juga melakukan penyemprotan des infektan di berbagai tempat dari Desa-desa, hingga Pasar yang ada di wilayah Jombang. Penyemprotan tersebut dilakukan guna untuk memberikan setrilisasi dari berbagai virus, khususnya virus covid-19.

Selain itu, Pemkab Jombang juga selalu memberikan informasi mengenai jumlah perkembangan masyarakat yang terpapar virus corona dan yang sembuh dari virus tersebut melalui media sosial seperti, Instagram dll.

Tenaga Medis yang berkerja sama dengan Pemkab Jombang juga melakukan upaya untuk menguragi penyebaran virus corona dengan melakukan rapid test masal di berbagai tempat salah satunya di Pasar.

Usaha tersebut dilakukan guna untuk menyelesaikan penyebaran virus corana di Jombang Apakah dengan hanya mengandalkan kontribusi dari Tim Medis Jombang dan Pemerintah Kabupaten Jombang bisa menyelesaikan penyebaran viru corona?. Pertanyaan Ini lah yang harus Kita tanamkan dalam Diri Kita masing – masing. Tentu sangatlah sulit apabila Kita hanya mengandalkan Pemerintah dan Tim Medis saja.

Seharusnya, kita perlu membangun kesadaran bersama antara Individu di dalam ruang lingkup masyarakat. Karena, masih ada sebagian dari masyarakat yang belum sepenuhnya memiliki kesadaran untuk menjalankan protokol kesehatan.

Kemungkinan cara untuk membangun kesadaran bersama dengan melibatkan atau bekerjasama dengan tokoh - tokoh penting dalam masyarakat Seperti, Perangkat Desa mulai dari Kepala Desa , RT, RW, hingga Karang Taruna.

Perlu adanya komunikasi secara berkelanjutan untuk memberikan kesadaran bersama dalam ruang lingkup masyarakat setempat untuk menjalankan protokol kesehatan yang sudah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang seperti, wajib memakai masker apabila berada diluar Rumah, selalu menjaga sosial distancing atau menjaga jarak antara Individu dengan Individu lain, dan rajin untuk mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir.

Agar pandemi ini atau virus corona segera berakhir, khususnya di wilayah Jombang, Jawa Timur. Selain dari pihak Perangkat Desa, tokoh penting dalam Desa yakni, tokoh agama setempat atau Kyai, juga bisa di libatkan dalam upaya membangun kesadaran bersama dengan cara memberikan ajakan kepada masyarakat tentunya dalam prespektif agama atau dalam sudut pandang agama mengenai pentingnya rasa kesadaran antara seluruh umat Manusia, rasa saling menghargai terhadap aturan -aturan yang sudah dibuat oleh Pemimpin (Pemerintah Kabupaten Jombang), dan selalu menjaga kebersihan Diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Tentunya, kesadaran masyarakat Jombang adalah salah satu kunci dalam memerangi virus ini agar tidak terus menyebar.

Adanya kontribusi dan partisipasi melalui solidaritas antar komunitas atau organisasi -organisasi yang ada di wilayah Kabupaten Jombang dalam ikut serta menangani virus corona di Jombang, Seperti, adanya pembagian masker dan hand sanitizer secara gratis kepada masyarakat dengan harapan agar seluruh masyarakat Jombang untuk selalu memakai masker ketika akan berpergian keluar Rumah.

Upaya partisipasi dari aksi solidariatas antara komunitas di Jombang dalam hal ikut serta menangani penyebaran covid-19 di wilayah Jombang akan terasa kurang tepat apabila warga atau masyarakat sendiri masih kurang t kesadaranya  dalam menerapkan protokol kesehatan yang sudah dibuat oleh Pemkab Jombang.

Kesadaran bersama yang melibatkan berbagai tokoh penting di Desa, dan partisipasi solidaritas antara komunitas -komunitas di Jombang  merupakan gambaran dalam hal kontribusi mereka untuk melakukan pengurangan penyebaran covid-19  agar tidak lebih meluas di wilayah Jombang.

Hal ini juga sebagai upaya agar  virus ini di Wilayah Jombang Jawa Timur segera berakhir, Sehingga, seluruh warga dapat ber aktivitas secara normal, namun, warga harus terus menerapkan pola hidup sehat seperti, menjaga kebersihan, dan memakai masker ketika keluar Rumah.

BIODATA PENULIS

NAMA : WAHYU UMATTULLOH AL’IMAN

E-MAIL : alimanwahyu06@gmail.com

PEKERJAAN : MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. JURUSAN : SOSIOLOGI