Mendekati Ramadhan 1442 Hijriyah, Telur Ayam Broiler Dan Sembako Di Kota Pasuruan Berganti Harga

Mendekati Ramadhan 1442 Hijriyah, Telur Ayam Broiler Dan Sembako Di Kota Pasuruan Berganti Harga Toko kelontong di jalan Erlanga kota Pasuruan melayani pembeli sembako. Foto iwan dayat

Kabarwarta.id - Mendekati bulan Ramadhan 1442 Hijriyah/ 2021 masehi telur ayam broiler dan sembilan bahan pokok (sembako) di kota Pasuruan berganti harga, minggu (11/4/21).

"Kenaikan harga telur ayam muali naik semenjak tiga hari kemarin, sekarang antara Rp 22.500 hingga 25.000 per kilogram," kata Sutasmi pedagang peracangan di jalan Erlangga kota Pasuruan.

Menurutnya, selain telur bahan kebutuhan pokok lainya yang mengalami kenaikan yakni, gula, beras, minyak goreng curah, tepung terigu dan ketan putih.

"Gula sekarang Rp.12.500 perkilogram dari Rp.11.500 begitupun beras punel juga naik Rp 500 perkilonya," terang Sutasmi.

Kenaikan harga ini sedikit membuat ibu - ibu rumah tanga ter engah, karena menurut mereka harga biasanya akan naik bila mendekati hari raya Idul Fitri.

"Ini belum hari raya sudah naik, otomatis bajet belanja setiap hari berubah," ujar Mariyana salah satu ibu rumah tangga.

Lebih lanjut Sutasmi menerangkan bahwa kenaikan harga sudah terjadi di tingkat distributor atau agen dimana dirinya mengambil barang untuk dijual kembali.

"Di agen telur dan disributor minyak dan beras harganya sudah naik semenjak kemarin. Dan juga persediana barangnya menipis karena banyaknya permintaan konsumen," papar Sutasmi.

Kenaikan sembako juga diiringi kenaikan harga daging ayam potong yang saat ini mencapai harga dikisaran Rp 42.000 dari sebelumnya Rp 34.000.

Meskipun awal Ramadhan masih kurang beberapa hari, Harga sembako dan telur serta daging ayam potong diperkirakan akan terus mengalami kenaikan harga hingga menjelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah tahun 2021.(dyt)