Menekan Angka Covid -19 Mahasiswa UMM Lakukan Tiga Kegiatan InI

Menekan Angka Covid -19 Mahasiswa UMM Lakukan Tiga Kegiatan InI Mahasiswa UMM menyemprotkan cairan Disinfektan ke rumah warga. Foto Irvan Yusri

Malang, kabarwarta.id - Menekan angka COVID-19, Mahasiswa UMM membantu warga Desa Pakisjajar melakukan penyemprotan disinfektan dan melakukan pembagian masker dan handsanitizer.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyelenggarakan program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) dengan tujuan membantu warga desa melawan virus corona yang sudah tersebar dan menyebabkan angka pasien terinfeksi semakin naik, oleh karena itu mahasiswa pun turut membantu menekan angka covid-19 tidak hanya di kota saja melainkan daerah desa harus diperhatikan juga.

Kelompok 76 Gelombang 8 yang di Koordinatori oleh Irvan Yusri serta Dosen Pembimbing Lapang Chalimatuz Sadiyah, SE., MM. Memiliki program kerja membagikan masker dan handsanitizer dan melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga di beberapa dusun Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Dimulai dari kami melakukan survey di sekita Dusun Krajan kami mendapati banyaknya mobilitas aktivitas warga di sekitar dusun tersebut, setelah itu kami juga mendapati banyaknya warga yang belum memakai masker dan tidak membawa handsanitizer, oleh karena itu pembagian masker medis dan handsanitizer dimulai dari dusun tersebut karena terdapat aktivitas warga yang lumayan padat.

Jadi, tujuan dari program kerja pembagian masker dan handsanitizer ini adalah untuk membuat masyarakat Desa Pakisjajar lebih taat akan Protokol Kesehatan (prokes).

Selanjutnya kami menjalankan program kerja penyemprotan disinfektan dirumah warga di berbagai dusun di Desa Pakisjajar, dengan didampingi Kepala Seksi Pelayanan Desa bapak Triono, kami melakukan penyemprotan di rumah warga Desa Pakisjajar door to door sembari menjelaskan kepada beberapa warga yang belum mengerti manfaat penyemprotan disinfektan tersebut, bahkan masih ada beberapa warga lansia yang belum tau untuk apa rumahnya disemprot.

Tujuan penyemprotan cairan disinfektan ini adalah untuk membersihkan virus yang menempel pada permukaan benda seperti gagang pintu, jendela dan berbagai permukaan benda lainnya yang sering disentuh orang. Demikian program kerja yang kami laksanakan dan kami mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada seluruh perangkat Desa Pakisjajar atas dukungannya mewujudkan dan membantu pengabdian masyarakat oleh mahasiswa dari kampus UMM ini.

BIODATA PENULIS

NAMA : Irvan Yusri

ALAMAT : Perumahan Bukit Cemara Tujuh, Blok B7

EMAIL : irvan.yusri12@gmail.com

PEKERJAAN : Mahasiswa