Minimalisir Tindak Kriminal Di Bulan Ramadhan 1442 Hijriyah, Polres Pasuruan Ringkus 26 Pelaku Kejahatan

Minimalisir Tindak Kriminal Di Bulan Ramadhan 1442 Hijriyah, Polres Pasuruan Ringkus 26 Pelaku Kejahatan 26 Pelaku kejahatan diamankan polres Pasuruan. Foto hms

Kabarwarta.id - Minimalisir Tindak Kriminal Di Bulan Ramadhan 1442 Hijriyah Polres Pasuruan Amankan 26 Pelaku Kejahatan, Senin (12/4/21).

Jelang  bulan Ramadhan, Polres Pasuruan melakukan Operasi Pekat Semeru 2021. Hasilnya sebanyak 26 pelaku kejahatan di wilayah hukum Polres Pasuruan diamankan.

Mereka ini adalah pelaku berbagai tindak pidana. Seperti pelaku prostitusi, judi, begal, dan juga pengedar narkoba.

Selain itu turut juga diamankan ratusan botol minuman keras yang mengandung alkohol. Itu diamankan dari 13 orang penjual.

Ratusan botol miras ini kemudian dimusnahkan di halaman Mapolres dengan menggunakan alat berat. Proses pemusnahan disaksikan  Ketua MUI Kabupaten Pasuruan, KH. Nurul Huda.

Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan S.IK mengatakan  Polres Pasuruan melaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2021. Dengan Tema, Kita Wujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap dan Pencegahan Penyebaran Covid -19 dengan meningkatkan disiplin Protokol kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021. 

Rofiq menjelaskan, dalam rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri  1442 H/2021 di tengah pandemi covid-19, maka Polda Jatim beserta jajarannya melaksanakan Operasi Keselamatan Semeru 2021  selama 14 hari.

Operasi akan dimulai tanggal 12 hingga 25 April 2021. Dengan mengedepankan kegiatan Preemtif, Preventif disertai penegakan hukum secara selektif prioritas.

"Sasaran dari operasi ini antara lain masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan dan masyarakat tidak disiplin dalam berlalu lintas serta masyarakat yang belum memahami tentang larangan mudik lebaran tahun 2021," terang kapolres Pasuruan.

Menurut dia Apel Gelar Pasukan Ini dilaksanakan  untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya. Sehingga kegiatan Operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan sasaran yang telah ditetapkan khususnya dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Serta meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. "Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih atas segala dedikasi dan semangat pengabdian saudara-saudara dalam pelaksanaan tugas sampai dengan saat ini. Sehingga secara umum situasi Wilayah Hukum Polda Jawa Timur sangat kondusif. Jaga kekompakan, kesehatan dan keselamatan selalu," pungkasnya.(HMS/dyt)