Ngabuburit IT Di Bulan Ramadhan Ala RTIK Bojonegoro

Ngabuburit IT  Di Bulan Ramadhan Ala RTIK Bojonegoro Ngabuburit Online ala RTIK Bojonegoro. Foto Avan

Bojonegoro, kabarwarta.id - Sejak tahun 2014, Relawan TIK Bojonegoro merilis kegiatan yang bertajuk Information Communication Tecnology ( ICT ), kemudian pada saat dibulan ramadan menjadi NgabuburIT.

NgabuburIT merupakan sebuah program yang dilatar belakangi oleh kebiasaan masyarakat Indonesia, saat menjelang waktu berbuka puasa.

Kegiatan tersebut sembari menunggu berbuka diisi dengan aktifitas positif, salahsatunya mendengarkan ceramah atau mengaji dan juga berkaitan dengan literasi digital.

Pandemi virus corona yang merebak di awal tahun 2020 membuat banyak aktifitas luar ruangan dibatasi oleh pemerintah, alhasil dari yang sebelumnya, kegitan ini dilakukan secara offline harus diadakan melalui ruang digital secara daring.

Direspon positif oleh ormas islam baik dari MUI, NU dan Muhammadiyah serta pengasuh pondok pesantren yang tersebar di Bojonegoro. 

RTIK bojonegoro memberikan ruang para da'i dari ormas islam untuk mengisi waktu ngabuburit dengan kajian melalui platform video confrencce yang dapat diakses dari manapun. Perjuangan rekan - rekan RTIK Bojonegoro membawa program Ngabuburit IT yang diawali sejak Ramadan 2020 berhasil mencatatkan namanya, masuk WSIS PRIZES 2021 dan mendapatkan nominasi penghargaaan dari perserikatan bangsa - bangsa pada perhelatan World Summit on the Information Society 2021, Kategori Cultural Diversity and Identity, Linguistic Diversity and Local Content.

Kegiatan lainya program NgabuburIT oleh RTIK bojonegoro, menginisiasi melalui program ini untuk melakukan penggalangan dana yang akan disalurkan kepada fakir-miskin serta yatim-piatu yang terkena dampak Covid -19.(AV)