Pandemi Saat KKN, Mahasiswa UMJ Adakan KBM Dengan Siswa Sekolah Dasar

Pandemi Saat KKN, Mahasiswa UMJ Adakan KBM Dengan Siswa Sekolah Dasar KBM oleh KKN Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Jember. Foto Nurul Elsa

Jember, kabarwarta.id - Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada berbagai sektor, Termasuk sektor pendidikan, kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara luring kini berubah menjadi daring. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan pembelajaran secara daring ternyata memunculkan beberapa persoalan bagi para siswa seperti salah satu kendala tersebut adalah tidak semua murid memiliki fasilitas pendukung pembelajaran seperti handphone atau laptop.

Hal ini berakibat pada ketidak optimalan penyampaian materi pembelajaran yang disampaikan. Salah satu program yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember KKN Kelompok 1 adalah program kegiatan  belajar mengajar (KBM) untuk anak sekolah pendidikan dasar yang terdampak Covid-19.

Program ini dilakukan karena masih banyaknya anak sekolah pendidikan dasar yang belum bisa menerima materi pembelajaran secara maksimal yang dilaksanakan secara mandiri, karena setelah diamati ternyata pembelajaran secara daring hanya diberi soal saja tanpa ada penjelasan materi terlebih dulu.

Program kegiatan KKN ini disambut baik oleh orang tua siswa karena memberikan dampak positif bagi anak-anak mereka.

Tak hanya disambut baik oleh para orang tua siswa tapi juga disambut baik oleh para siswa. siswa sangat senang bisa belajar secara luring lagi karena bisa lebih paham atas materi yang disampaikan.

Penulis 

Nama : nurul elsa dwiyanti

Ttl: jmber 25 oktober 1998

Almat: jl pb sudirman no 58 rt 04/ rw 03 ajung kalisat jember 

Pekerjaan : Mahasiswa