Pasca Jalur Pasuruan - Probolinggo Ditinggikan, Waspadai Kereta Api Yang Melintas Lebih Cepat Di Perlintasan Tanpa Palang Pintu

Pasca Jalur Pasuruan - Probolinggo Ditinggikan, Waspadai  Kereta  Api Yang Melintas Lebih Cepat Di Perlintasan Tanpa Palang Pintu Penumpang Kereta api wilayah Daops 9 Jember. Foto iwan dayat

Kabarwarta.id - pasca Jalur kereta api (KA) ditinggikan, Jarak tempuh dari stasiun Pasuruan menuju Probolinggo dipercepat dari sebelumnya. Waspadai jalur kereta api tanpa palng pintu saat keteta api melintas.

Hal ini berdasarkan surat dari Pt.KAI Daops 9 Jember Nomor Kl. 802/1/5/DO.9.2021 tentang pemberitahuan sosialisasi perubahan kecepatan kereta api yang melintas di jalur Pasuruan - Probolinggo.

Keputusan ini menurut Vice President daerah operasi 9 Jember Pt. KAI, Agus Barkah Nugraha dalam surat yang ditandatanganinya menerangkan bahwa hal ini berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor:KP 1385 tahun 2020 tentang penetapan grafik perjalanan kereta api tahun 2021.

Awalnya, kecepatan KA dari stasiun Pasuruan menuju stasiun Probolinggo mencapai 60Km/jam dinaikkan menjadi 90Km/jam. Keputusan ini rencananya akan diberlakukan mulai 10 Februari 2021 mendatang.

Hal ini mendapat tespon dari berbagai pihak, termasuk sukarelawan pengatur di rel kereta api tanpa palang pintu di Pasuruan.

"Kami baru diberitahu oleh pak Kades tadi pagi, bahwa kereta api yang akan melintas mulai minggu depan lebih cepat dari biasanya," ungkap Safiudin, Penjaga rel di lintasan tanpa palang pintu Desa Bendungan, Kraton, Pasurua, Rabu (3/2/21).

Daops 9 Jember membawahi Stasiun Banyuwangi hingga stasiun Pasuruan. Namun, batas lintasanya hingga wilayah kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Tepatnya di perlintasan KA, Kelurahan Latek. Bangil, Pasuruan.(dyt)