Patung Ganesha Di Puncak Kawah Bromo Raib Pagi Tadi, InI Keterangan Tour Gaide

Patung Ganesha Di Puncak Kawah Bromo Raib Pagi Tadi, InI Keterangan Tour Gaide Tempat patung Ganesha di puncaj Kawah Bromo yang raib. Patung stupa sebelum hilang Foto Aditya

Pasuruan, - kabarwarta.id - Patung  Ganesha yang berada dipuncak kawah Gunung Bromo raib diduga dicuri.

"Menurut keterengan tour guide yg sering naik. Kemarin pagi (16/5) masih ada. Dan tadi pagi (17/5) waktu mengajak wisatawan untuk melihat stupa ganesha dan mau menjelaskan. Ternyata sudah tidak ada," Kata Aldis Ketua Jeep Tosari, Rabu (17/5/23).

Dirinya bersama warga suku Tengger sangat kecewa dengan hilangnya patung yang berada di puncak kawah Bromo. "Ya sangat di sayangkan sekali mas. Bromo ini terletak di kawasan TENGGER, dan tengger sendiri sangat kental akan warisan - warisan budaya masa lalu yang wajib untuk kita rawat dan lestarikan. Tentunya baik itu wisatawan ataupun bukan, wajib menghormati serta ikut menjaga warisan - warisan budaya tersebut," urainya.

Dia menerangkan, Saat ini Pelaku wisata sendiri harus dituntut untuk mengedukasi wisatawan yang berkunjung.

"Tentunya harus menghormati apa yang ada di tengger," kata Aldis.

"Kemarin saya mengantar tamu naik ke kawah melihat stupa masih ada dan masih kami perlihatkan kepada wisatawan. Tapi tadi pagi sewaktu mau melakukan hal yang sama, ternyata stupa yg ada sudah raib," Kata Aditya, salah satu tour gaide gunung Bromo.(dyt)