Pekan Pertama Ramadhan 1442 H, Permintaan Elpigi 3 Kilogram Di Pasuruan Masih Landai

Pekan Pertama Ramadhan 1442 H, Permintaan Elpigi 3 Kilogram Di Pasuruan Masih Landai Dwi Hardono, Owner PT. Petrolindo Mitra Migas. Foto iwan dayat

Kabarwarta.id - Pekan pertama bulan puasa Ramadhan 1442 Hijriyah permintaan elpigi 3 kilogram masih landai, sabtu (17/4/21).

"Permintaan elpigi 3 kilogram Sempat menurun di hari pertama Ramadhan, karena toko maupun pengecer banyak yang tutup. Tapi untuk saat ini permintaan sudah stabil seperti hari biasa sebelum bulan Ramadhan," tukas Dwi Hardono, Owner agen elpigi 3 kilogram Pt. Petrolindo Mitra Migas.

Pengusaha yang juga juga menjabat sebagai ketua kooordinator wilayah Hiswana Migas Pasuruan raya ini menuturkan bahwa penurunan justru terjadi pada elpigi kemasan 5,5 kilogram(Brigh gas) dan kemasan 12 kilogram.

"Sebelum Ramadhan permintaan elpigi 12 kilogram 10 sampai 15 tabung namun untuk saat ini hanya 5 tabung per hari," tuturnya.

Menurutnya, permintaan gas elpigi bersubsidi kemasan 3 kilogram baru akan mengalami peningkatan pada H - 10 hari raya Idul Fitri dan puncaknya pada H -7 lebaran hingga H +7 lebaran.

"Di agen kami pasokan elpigi saat ini masih stabil untuk kota pasuruan sekitar 2800 tabung dan 3500 tabung untuk wilayah kabupaten pasuruan perhari," terang Dwi Hardono.

Lebih lanjut pria bekacamata ini menjelaskan jika permintaan elpigi di tempatnya pada di H- 7 Idul Fitri untuk Kota Pasuruan bisa mencapai 3500 tabung/hari tabung dan kabupaten Pasuruan 4.500 tabung/hari. Sesuai SK Gubenur Jawa Timur tahun 2016 harga eceran tertinggi (Het) Elpigi 3 kilogram di tingkat pengkalan sebesar Rp.16.000.

"Harga relatif masih stabil, dan kebutuhan masyarakat di kota dan kabupaten Pasuruan akan elpigi kemasan 3 kilogram pasti tercukupi," pungkas Dwi Hardono.(dyt).