Pemberantasan Korupsi Dalam Negara Demokrasi

Pemberantasan Korupsi Dalam Negara Demokrasi Foto penulis: Sindi Febri Lasiyahmindi

Kabarwarta.id - Pemberantasan Korupsi Dalam Negara Demokrasi

Penulis: Sindi Febri Lasiyamindi

Negara Indonesia, merupakan Negara yang tingkat korupsi di dalam pemerintahan dan masyarakatnya sangat tinggi.

Banyak kasus – kasus korupsi yang terjadi di Indonesia. Mulai dari korupsi ekonomi, structural dan kultural. Dan ini terjadi di pusat seperti, DKI Jakarta sampai ke daerah pedalaman di Indonesia banyak terjadi korupsi praktik korupsi seringkali melibatkan mulai dari petinggi pemerintahan sampai kepada karyawan swasta.

Sudah terlampau banyak sekali korupsi yang telah terjadi di Indonesia. Akan tetapi, masih sangat sulit untuk di berantas secara tuntas. Indonesia masih dilihat belum seratus persen dapat memberantas korupsi, Negara lain masih melihat bahwa, Indonesia masih sangat santai dalam menangani kasus – kasus korupsi yang terjadi di negeri ini. Dan masih sangat terlihat bahwa belum sungguh – sungguh dalam memberantas kasus – kasus korupsi yang banyak terjadi di seluruh daerah di Indonesia.

Dalam pemberantasan korupsi di Indonesia ini, masih belum sempurna, karena, kita ketahui hukum yang ada di Indonesia dalam menangani kasus – kasus korupsi, dan juga kasus – kasus yang lain masih tumpul ke atas dan juga tajam ke bawah. Yang di maksud tumpul ke atas dan tajam kebawah ialah, masih banyak kasus hukum korupsi yang terjadi di Indonesia masih pilih kasih, kepada petinggi – petinggi pemerintah dalam kasus korupsi hukuman yang di beri masih tidak setimpal dengan apa yang telah di lakukan dan telah merugikan Negara.

Pejabat tinggi di mata penegak hukum di Indonesia, masih bisa di beli dengan mudah, mereka, mendapatkan hukuman yang ringan dibanding dengan apa yang di lakukan.

Petinggi yang mempunyai kasus – kasus korupsi, dan telah di penjarakan biasanya memiliki fasilitas yang sangat mewah, dan seperti tidak mendapatkan hukuman penjara. Sedangkan, kepada masyarakat bawah yang memiliki kasus korupsi mendapatkan hukuman yang sangat berbanding terbalik dengan korupsi yang dilakukan oleh pejabat tinggi.

Berdasarkan kasus – kasus yang terjadi di Indonesia sebagai Negara demokrasi, hukum yang di laksanakan di dalam Negara ini masih sangat tidak adil, masih sangat berbanding terbalik dengan kata “Demokrasi” pada Negara Republik Indonesia.

Indonesia perlu mambangun hukum yang adil dan tidak tumpul keatas dan tajam kebawah, sehingga, apabila hukum yang dilaksanakan sudah sesuai dengan apa yang di harapkan, tentu saja akan mengurangi korupsi yang terjadi di Indonesia. Namun apabila hukum yang berjalan masih saja tumpul keatas dan tajam kebawah, tentu saja tidak akan membuat jera para koruptor.

KPK di harapkan untuk lebih tegas lagi dalam menangani kasus – kasus korupsi yang terjadi, dan di harapkan tidak ada korupsi juga di dalam KPK, Serta hukum yang ditangani kepolisian juga harus sesuai dengan Undang - Undang serta, koruptor akan medapatkan hukuman yang setimpal dengan apa yang telah di lakukanya tanpa pandang bulu, dan tanpa pandang siapa yang melakukan korupsi.

BIODATA PENULIS

Nama : Sindy Febri Lasiyahmindi

Pekerjaan : Mahasiswa Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang.

Email : Sindymindi07@gmail.com