Pemberdayaan Masyarakat Desa Jajar Dimasa Pandemi Melalui Kegiatan Digital Marketing

Pemberdayaan Masyarakat Desa Jajar Dimasa Pandemi Melalui Kegiatan Digital Marketing Ilustrasi Economy Creatif. Foto Ismail Aziz

Blitar, kabarwarta.id - Pemberdayaan masyarakat desa Jajar di masa pandemi melalui kegiatan digital marketing Pandemi Covid-19 yang berawal ditahun 2019 sangat berdampak besar pada pola ekonomi dan gaya hidup masyarakat, serta penurunan tingkat konsumsi juga memiliki dampak pada UKM kecil yang ada di desa, yang mana pendapatan keuangan masyarakat pelaku UKM bergantung pada omset harian dari penjualan dagangan dan merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya di masa pandemi ini, hal ini disebabkan oleh menurunnya permintaan atas produk yang dihasilkan.

Permodalan dan keuangan yang macet pada UKM yang disebabkan oleh pandemi ini, tentunya membuat masyarakat harus memiliki inovasi baru kebijakan pemerintah desa sangat dibutuhkan dalam menunjang inovasi dalam kegiatan perekonomian masyarakat desa Jajar.

Apabila merujuk pada pasal 4 UU. No. 6 Tahun 2014 tentang Desa yang dijelaskan pada poin kedelapan dan kesembilan yang berbunyi “memajukan perekonomian masyarakat Desa serta mengatasi kesenjangan pembangunan nasional” dan “memperkuat masyarakat Desa sebagai subjekpembangunann”.

Landasan dasar tersebut menjadikan pedoman pemerintah desa Jajar untuk ikut andil dalam permasalahan perekonomian masyarakat desa. Oleh karena itu, pemerintah desa Jajar melalui pemuda desa dan mitra E commerce membuat sebuah komunitas digital marketing (Jajar Digital Marketing) guna menambahkan pelatihan dan wawasan pada sebuah produk baru agar pola keuangan UKM tidak mengalami penurunan yang signifikan. Beberapa program yang telah realisasi dalam masa pandemi ini oleh tim komunitas (Jajar Digital Marketing) dalam upaya pemberdayaan masyarakat secara teknis pengerjaan dan penjualan melalui platform digital yakni, kerajinan tangan yang berasal dari bambu mulai dari gelas, mangkuk dan sumpit serta proses penjualannya melalui platform digital, hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dengan membaca pola tren yang sedang berkembang di masyarakat.

Namun, tidak cukup sampai disitu kegiatan sosial dalam bentuk bantuan sosial di masa pandemi tidak luput dari capaian tim komunitas dan pemerintah desa Jajar, yang mana diharapkan dengan turun langsung atau berinteraksi secara personal bantuan yang diberikan dapat diterima secara rata, ditambah dengan wawasan tahapan penanaman biji kangkung modern.

Biodata penulis lengkap

Nama : Ismail Aziz Andreanto

Alamat : RT 001 RW 001 Desa. Jajar Kecamatan. Talun Kabupaten. Blitar

Email : ismailazizandreanto@gmail.com

Pekerjaan ; Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang