Penerapan Pembiayaan Mudharabah Bank Muamalat Indonesia

Penerapan Pembiayaan Mudharabah Bank Muamalat Indonesia Foto penulis Nur Faizi

Jember, kabarwarta.id - Mudharabah berasal dari kata dharb yang artinya memukul atau pergi. Pengertian memukul atau berjalan lebih tepat adalah proses seseorang menghentak saat menjalankan bisnis.

Secara teknis, mudharabah adalah akad kerjasama bisnis antara dua pihak, dimana salah satu pihak (shahibul maal) menyediakan seluruh modal (100%) dan pihak lainnya menjadi pengelola. Mudharabah atau qiradh adalah salah satu bentuk akad syirkah (berbagi).

Orang Irak menggunakan istilah "mudharabah", sedangkan orang Hanzhi menyebutnya "qiradh".

Perjanjian mudharabah menurut ahli hukum adalah bahwa seseorang mengalihkan hartanya kepada orang lain menurut prinsip transaksi, dan keuntungan yang diperoleh akan dibagikan sesuai dengan proporsi yang disepakati, sebagai atau dari keuntungan.

Mudharabah adalah akad yang melibatkan dua kelompok, yaitu pemilik modal (investor), yang mendelegasikan modalnya kepada pengelola (mudharib) untuk kegiatan usaha. Dalam hal ini Mudarib memberikan kontribusi kerja, waktu dan pengelolaan usaha sesuai dengan ketentuan akad, salah satunya adalah membuat bagi hasil (keuntungan) antara investor dan Mudarib sesuai dengan nisbah yang disepakati.

Mudharabah adalah bentuk kerjasama antara dua pihak atau lebih dimana pemilik modal (shahibul maal) menitipkan sejumlah modal kepada pengelola ( mudharib) dengan kesepakatan keuntungan.

Formulir ini menegaskan kerjasama dengan pendanaan 100% dari Shahibul Maal dan pengalaman Mudharib. Menurut PSAK No. 105. Mudharabah adalah akad kerjasama antara dua pihak dimana satu pihak (pemilik dana) menyediakan semua dana, pengelola dana bertindak sebagai pengelola, dan kedua belah pihak membagi keuntungan sesuai kesepakatan dan menanggung kerugian pada saat yang bersamaan. O

pengelola modal. Mudharabah adalah perjanjian kerjasama antara Bank Syariah sebagai 100% investor (shahib almal) dan klien atau pengusaha sebagai manajer proyek (mudharib).

Kedua belah pihak mendistribusikan pendapatan proyek sesuai dengan proporsi (proporsi) yang disepakati dalam perjanjian. Jika usaha itu gagal dan menimbulkan kerugian, yang mengakibatkan sebagian atau bahkan seluruh dana yang diinvestasikan oleh almal shahib, hanya almal shahib yang menanggung kerugian keuangan, dan mudharib tidak menanggung atau harus mengganti kerugian tersebut.

kerugian karena mudharib Terjadi karena penipuan yang dilakukan. Model perdagangan mudharabah umumnya berlaku untuk produk keuangan dan keuangan. Dalam hal penggalangan dana, mudharabah cocok untuk tabungan dan deposito. D

segi pembiayaan, mudharabah cocok untuk pembiayaan modal kerja. Dalam hal pembiayaan, jika pedagang membutuhkan dana untuk berdagang, mereka dapat mengajukan pembiayaan dividen seperti mudharabah.

Bank Muamalat Indonesia merupakan bank umum pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip syariah islam dalam operasionalnya. Bank Muamalat di buat berdasarkan Akta No. 1 tanggal 1 November 1991 Masehi atau Rabiul Akhir 1412 H, di hadapan Yudo Paripurno, SH, dengan nama PT Bank Muamalat Indonesia, dimana akta pendiriannya sudah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia.

Bank Muamalat Indonesia berdiri pada tanggal 1 Mei 1992 berdasarkan gagasan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Ahli Islam Indonesia (ICMI) dan Pengusahan Muslim, yang kemudian diakui dan didukung oleh pemerintahan Republik Indonesia.

Dimana Bank Muamalat Indonesia mulai beroperasi sebagai Bank dan merupakan Bank pertama di Indonesia yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah.

Dua tahun kemudian, pada tanggal 27 Oktober 1994, Bank Muamalat Indonesia mendapat Izin untuk beroperasi sebagai bank pertukaran setelah terdaftar sebagai perusahaan Publik yang sebelumnya tidak terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Nama dalam produk Keuangan pada Bank Muamalat Indonesia sendiri menggunakan prinsip Wadia ( Deposito ) dan Mudharabah ( bagi hasil ).

Sedangkan di sisi lain, investasi dana menggunakan prinsip jual beli, bagi hasil dan sewa. Bank Muamalat Jember sendiri berdiri pada tahun 2003, dimana awalnya bertempat di jalan Kartini No. 8.

Namun setelah 5 tahun di jalan kartini, bang muamalat jember memutuskan untuk pindah ke lokasi yang lebih strategis dan mudah terbuka untuk umum, yang terletak di jalan Panglima Besar Sudirman No. 35 Jember.

Setelah 8 tahun lamanya Bank Muamalat Indonesia Jember sudah bekembang dari yang semula hanya memiliki 1 cabang dan sampai akhirnya dapat membentuk 2 kantor cabang pembantu. Seiring dengan perkembangannya bank muamalat Indonesia di Jember memiliki nasabah yang setiap harinya terus bertambah.

Bank Muamalat sendiri menawarkan banyak produk sponsorship distribusi, dana dan layanan lainnya. Adapun produknya meliputi : Produk pinjaman murabahah dapat digunakan untuk modal kerja Pembelian kendaraan, pembelian barang konsumsi, dll Selain itu bank muamalat juga mempunyai produk keuangan, yakni perumahan pembiayaan syariah tersedia untuk membeli rumah, toko (Baru/bekas).

Bank Muamalat pada tahun 2020 mengalami penurunan yang cukup pesat, hal itu dikarenakan adanya penurunan kinerja yang kurang baik, hal itu berdampak pada laporan keuangan terbaru, dimana laba mengalami penurunan dan di ikuti aset yang kurang baik.

Untuk hal ini sebaiknya PT Bank Muamalat Indonesia memperbaiki kinerjanya agar dapat mempertahankan kualitas perusahaan yang terdaftar di BEI agar tidak mengalami kebangkrutan, dan juga Bank Muamalat harus memberikan suatu kepuasan sendiri kepada investor sehingga investor lain tertarik untuk berinvestasi di dalam Bank Muamalat. Sehingga dapat menyelematkan Bank Muamalat dari keterpurukan.

Biodata Penulis :

Nama : Nur Faizi Hendra Pratama

Alamat : Tlogomas Malang

Emai : n.faizihendra.p@gmail.com

Jurusan : Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang