Pentingnya Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan

Pentingnya Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan Komunikasi bisnis ilustrasi oleh Fauziah

Jombang, kabarwarta.id - Pentingnya Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan Komunikasi adalah aktivitas dasar manusia.

Melalui komunikasi didalam kehidupan sehari-hari orang dapat berhubungan satu sama lain dimana pun dan kapan pun mereka berada.dalam bekerjapun kita membutuhkan komunikasi yang efektif untuk mengurangi kesalahan dan mempermudah saat melakukan pekerjaan nantinya,selain itu dengan efektifnya komunikasi juga dapat meningkatkan praktik bisnis sehingga tujuan bisnis dapat tercapai.

Komunikasi bisnis adalah proses untuk berbagi informasi antara orang-orang di dalam maupun diluar perusahaan.

Mungkin orang-orang banyak yang bertanya “apa sih pentingnya komunikasi bisnis?” ,pentingnya komunikasi bisnis terletak pada ide bisnis baru atau penyajian pilihan,perencanaan dan saran bisnis, mencapai kesepakatan, pengambilan keputusan,pengiriman dan pemenuhan pesanan bisnis untuk mencapai kesuksesan pada penjualan.

Komunikasi antar karyawan adalah hal yang berhubungan satu sama lain sehingga mereka saling mempengaruhi,oleh karena itu salah satu penyebab bagus tidaknya kinerja karyawan bergantung pada komunikasi antara mereka,jika komunikasi bisnisnya bagus maka kinerja para karyawan akan bagus dan itu memberikan keuntungan kepada perusahaan ataupun sebaliknya, jika komunikasinya kurang baik atau kurang terjaga maka akan memberikan efek yang kurang baik pada kinerja karyawan. Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan komunikasi interpersonal dan komunikasi antarpribadi.

Komunikasi interpersonal adalah interaksi verbal dan non verbal antara dua orang atau bahkan lebih yang biasanya bergantung satu sama lain sedangkan komunikasi antarpribadi adalah komunikasi tatap muka antara orang-orang yang memungkinkan untuk secara langsung menangkap reaksi orang lain secara verbal maupun non verbal.

Diantara dua komunikasi tadi yang dianggap lebih efektif untuk mengubah sikap dan pendapat seseorang adalah komunikasi interpersonal karena dengan adanya komunikasi interpersonal yang intensif dengan mengutamakan keseimbangan antara kuantitas dan kualitas akan membentuk hubungan interpersonal yang kuat antaran karyawan dan atasan.

Dengan terbentuknya hubungan komunikasi interpersonal yang kuat maka kepercayaan dan keterbukaan yang didapat dari komunikasi akan membantu menentukan perubahan sikap atau perilaku dalam lingkup karyawan.

Komunikasi yang baik berkaitan dengan kepuasan dalam bekerja,pengertian kepuasan kerja sendiri merupakan respon seseorang terhadap lingkungan kerja yang dihadapinya,seperti kebijakan,promosi dan tentunya rekan kerja.

Menciptakan suasana komunikasi yang baik antar karyawan merupakan tanggung jawab seorang pemimpin,oleh karena itu pemimpin harus mengetahui apa saja yang terjadi pada lingkungan kerjanya,sehingga kalau ada hal yang membuat komunikasi antar karyawan kurang baik maka pemimpin dapat menyelesaikannya dengan cepat agar kinerja karyawan tetap terjaga dengan baik.

Referensi: Andayani, T. R. (2009). Efektivitas komunikasi interpersonal. Semarang: Badan Penerbit Undip Semarang. Hardjana, A. M. (2003). Komunikasi intrapersonal & komunikasi interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Biodata Penulis

Nama. :Fauzia Mellyana Aprillia

Tempat,Tanggal lahir:Jombang,14 April 2003

Jenis Kelamin : Perempuan

 Agama : Islam

Alamat : Grogol Diwek Jombang

Mahasiswa. :Universitas Muhammadiyah Malang (2020)

e-mail :mellyanafauzia@gmail.com