Persiapkan SDM Berkualitas, Trakindo Ajak Para Pakar Pendidikan Berdiskusi Ditengah Tantangan Pandemi Covid -19

Persiapkan SDM Berkualitas, Trakindo Ajak Para Pakar Pendidikan Berdiskusi Ditengah Tantangan Pandemi Covid -19 Peserta zoom meeting bersama Trakindo terkait tantangan dunia pendidikan ditengah Pandemi Covid -19. Foto Avan

Surabaya, Kabarwarta.id - Trakindo ajak para ahli dari Institut Sepuluh Nopember dan Dr.H. Yaswardi, M.Si, Direktur tenaga kependidikan menengah dan pendidikan khusus Kemenristek berdiskusi, bersinergi memeprsiapkan SDM berkualitas menjelang revolusi induatri 4.0 ditengah tantangan pandemi covid 19 melalui sambungan telekomunikasi, zoom meeting.

Kepala Divisi Administrasi PT Trakindo Utama, Yulia Yasmina mengatakan. “Seiring perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, kemajuan di industri alat berat saat ini membutuhkan SDM yang tidak hanya terampil di bidang mekanikal, tapi juga di bidang elektrikal.

"Trakindo pun telah berusaha untuk melangkah lebih jauh; yaitu dengan mendukung pengembangan di jurusan-jurusan terkait teknologi, serta menambah dukungan dan kerja sama di bidang elektrikal.Selain memenuhi kebutuhan bisnis, hal ini diperlukan untuk menyiapkan tenaga terlatih yang siap kerja dan mampu menghadapi tuntutan teknologi masa depan,” ungkap Yulia Yasmina.

Panelis dalam diskusi ini, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ), Prof. Dr. Ir. Mochammad Ashari, M. Eng merefleksikan dampak positif dan negatif pembelajaran virtual secara bijaksana, baik di level sekolah dasar dan menengah maupun pendidikan tinggi.

"Pada pembelajaran virtual, ada penekanan lebih pada kemampuan siswa menjadi guru bagi diri mereka sendiri dan hal ini mungkin memiliki efek jangka panjang. Jadi tugas pendidik di masa depan tidak hanya mengajar pengetahuan, tidak hanya mendidik, tapi juga memberikan siswa kemampuan dasar mandiri dan komunikasi sebagai alat yang pada akhirnya akan dibutuhkan untuk sukses di tempat kerja dan sukses dalam hidup. Hal ini menjadi bagian dari perubahan yang bisa kita lihat dalam pendidikan teknologi,” Terang Prof. Ashari.

Seperti yang dikatakan Yulia, Trakindo menyadari, pendidikan adalah tanggungjawab semua pihak dan membutuhkan kolaborasi sinergis. Sebagai bentuk sumbangsi Trakindo terhadap pembangunan dan kemajuan teknologi kedepan, Yulia menjelaskan, jika Trakindo tengah mendukung jurusan - jurusan terkait teknologi serta menambah dukungan kerjasama dibidang elektrikal.(Av)