PHBS Sebagai Ajang Kreatifitas Di Era Pandemi Oleh Mahasiswa UMM

PHBS Sebagai Ajang Kreatifitas Di Era Pandemi Oleh Mahasiswa UMM PHBS oleh mahasiswa UMM. Foto Aldila Anjani

Malang, kabarwarta.id - PHBS Sebagai Ajang Kreatifitas di Era Pandemi oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan pengabdian masyarakat di panti asuhan panjura kelurahan Bandungrejosari, Kota Malang.

Kegiatan pengabdian masyarakat oleh Kelompok 28 yang dibimbing langsung oleh bapak Luqman Dzulhilmi, SE.MBA selaku dosen pembimbing lapangan telah dilaksanakan pada hari Minggu, 28 November 2021.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh mahasiswa prodi farmasi Universitas Muhammadiyah Malang.

Program kerja yang dilaksanakan yaitu edukasi dan lomba kreatifitas PHBS di Panti Asuhan Panjura. Kegiatan ini bertujuan agar santri-santri Panti Asuhan Panjura memahami akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan serta mengembangkan skill kreativitas di masa pandemi saat ini.

Pemaparan materi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di masa pandemi diawali dengan pengenalan PHBS itu sendiri, lalu contoh perilaku PHBS, dan pemaparan tumpeng gizi untuk mencapai gizi seimbang dalam tubuh.

Antusias peserta panti panjura terlihat saat sesi tanya jawab. Para santri bertanya mengenai beberapa pola hidup sehari-hari seperti, bagaimana cara mengetahui jika air yang digunakan sehari-hari tercemar, cara mengetahui bahwa tubuh sudah mencapai gizi seimbang, dan cara mengatasi setres di era pandemi.

Setelah pemaparan edukasi PHBS dilanjutkan dengan lomba kreatifitas PHBS yaitu melukis di atas totebag dengan tema PHBS. Kreatifitas santri panti panjura terlihat dari hasil karya yang mereka buat. Mereka pun melakukan presentasi menganai makna lukisan yang dibuat dan membuat jargon setiap kelompok agar kegiatan semakin meriah.

Biodata Penulis

Nama : Aldila Anjani Cita Adashi

Alamat : Landungsari Asri G/36, Kab. Malang

Pekerjaan : Mahasiswi UMM