PMM 93 UMM Berikan Layanan Cek Kesehatan Gratis Kepada Warga Di Kabupaten Jombang

PMM 93 UMM Berikan Layanan Cek Kesehatan Gratis Kepada Warga Di Kabupaten Jombang Mahasiswa PMM 93 UMM (kiri) melakukan pengecekan kesehatan gratis kepada warga Desa Sidokaton, kabupaten Jombang. Foto Suki Ade Juniar

Jombang, Kabarwarta.id - Kelompok PMM 93 UMM Melakukan Cek Kesehatan Lansia dan Bagi-Bagi Jamu Tradisional Gratis Secara Door to Door di Desa Sidokaton, kabupaten Jombang.

kelompok 93 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Malang yang dikoordinatori oleh Novalina Aulia Syahputri, beserta anggota yang lain yaitu Diara Elvina, Suki Ade Juniar, Bestari Dinda Syafitri, dan Joko Prasetyo Utomo, dalam bimbingan Dosen pembimbing lapang  Havidz Ageng Prakoso S.IP.,M.A. melakukan pengecekan kesehatan secara gratis kepada warga yang berusia lanjut (lansia), tepatnya di Dusun Dukuh, Desa Sidokaton, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB karena mayoritas penduduk di Dusun Dukuh, Desa Sidokaton adalah petani dan harus pergi ke sawah pada pagi harinya. Pengecekan kesehatan yang dilakukan oleh kelompok PMM 93 berupa pengecekan tekanan darah, berat badan, dan suhu badan menggunakan alat thermogun.

Kegiatan tersebut dilakukan secara door to door atau dengan mendatangi satu per satu rumah warga lansia di Dusun Dukuh guna menghindari kerumunan massa. Selain itu, kelompok PMM 93 juga melakukan pendataan terkait riwayat kesehatan dan riwayat perjalanan ke luar kota dalam 14 hari terakhir.

Tak lupa, kelompok PMM 93, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut juga menggunakan masker dan handscoon demi tetap menjaga protokol kesehatan. Tidak hanya itu, kelompok PMM 93 ini juga membagikan bingkisan yang berisi jamu tradisional bubuk, vitamin C, dan masker secara gratis kepada lansia yang telah dicek kesehatannya.

Kelompok PMM 93 juga mendatangi Balai Desa Sidokaton yang lokasinya sangat dekat dengan Dusun Dukuh untuk melakukan pengecekan kesehatan bagi para perangkat desa yang bertugas.

Sama halnya seperti kegiatan yang telah dilakukan pada hari sebelumnya, perangkat desa yang telah dicek kesehatannya juga diberi bingkisan yang berisi jamu tradisional bubuk, vitamin C, masker, serta dilakukan pendataan terkait riwayat kesehatan dan riwayat perjalanan ke luar kota dalam 14 hari terakhir.

Rangkaian kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif serta mendapatkan antusiasme dan respon yang positif dari berbagai pihak, baik dari warga Dusun Dukuh sendiri dan seluruh perangkat Desa Sidokaton.

Biodata Penulis

Nama : Suki Ade Juniar

Email : jun.suki48@gmail.com

Pekerjaan : Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang