PMM UMM 29/9 IKUT SERTA DALAM KERJA BAKTI LINGKUNGAN DI DESA ORO-ORO OMBO, KOTA BATU

PMM UMM 29/9 IKUT SERTA DALAM KERJA BAKTI LINGKUNGAN DI DESA ORO-ORO OMBO, KOTA BATU Mahasiswa PMM UMM 29 -9 bersama warga oro - oro ombo kota Batu bergotong royong membersihkan lingkungan desa dari sampah. Foto Ficky alam cahya

Batu, kabarwarta.id - Menjaga kebersihan lingkungan merupakan sebuah aktivitas yang rutin dilakukan oleh masyarakat desa Oro-oro ombo khususnya warga RW 07. Hal yang biasa dilakukan adalah kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal yang dilakukan secara gotong royong.

Hal tersebut dilkukan dengan tujuan untuk mendapatkan kenyamanan bersama dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, namun warga RW 07 juga memiliki harapan dengan adanya kegiatan rutin seperti kerja bakti ini dapat memupuk kerukunan di dalam bermasyarakat. Minggu (20/9/2020) warga RW 07 melakukan kegiatan rutin tersebut yang mana kerja bakti tersebut dilakukan oleh ibu-ibu PKK dengan begitu antusias.

“Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang sudah rutin dilakukan oleh warga RW 07 ini, kegiatan ini sudah dilakukan pula sejak sebelum pandemic virus corona kemarin”, ucap Ibu Cicik selaku ketua PKK tingkat RW 07 Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu.

Masyakat senang melakukan kegaiatan-kegiatan sosial seperti ini, “Ibu-ibu disini sangat senang dan merespon baik dengan ajakan kegiatan kerja bakti seperti ini, karena bisa mempererat kerukunan dan produktif yang mengahasilkan kebersihan lingkungan”. Tutur Cicik.

Dalam kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang melakasanakan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (Program PMM) di lingkungan RW 07, desa Oro-oro Ombo, Kota Batu.

Mahasiswa UMM membantu ibu-ibu PKK dalam melakukan kegiatan kerja bakti tersebut dengan membantu membersihkan gorong-gorong, membersihkan mushola, membersihkan trotoar, menyemprot disinfektan. Dalam kegiatan warga dan mahasiswa UMM tetap menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan membiasakan cuci tangan setelah melakukan aktivitas bersih-bersih lingkungan.

Mahasiswa UMM juga menyiapkan beberapa sabun cuci tangan yang dapat digunakan oleh ibu-ibu PKK setelah melakukan kegiatan tersebut. Ibu Cicik selaku ketua PKK tingkat RW 07 juga menyatakan rasa terima kasih terhadap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang melakukan Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (Program PMM)

“Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi terhadap adik-adik sekalian karena telah membantu dalam kegiatan kali ini dan berperan aktif, sekali lagi terima kasih”pungkasnya.

BIODATA PENULIS

Nama : Vicky Alam Cahya

Email : vickyalam719@gmail.com

Status : Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang