PMM UMM Pasang 13 Baner Prokes Di Desa Gondangwangi

PMM UMM Pasang 13 Baner Prokes Di Desa Gondangwangi Mahasiswa PMM UMM memasang banner himbauan protokol kesehatan di Desa Gondangwangi, kecamatan Wagir, kabupaten Malang. Foto Zahrotun Nafi'ah

Malang, kabarwarta.id -  Salah satu kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhamadiyah Malang Kelompok 13 Gelombang 10 adalah menghiasi setiap sudut desa dengan banner-banner yang berisi protokal pencegahan covid-19.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat desa khususnya masyarakat Desa Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang mengenai pentingnya menjaga imunias tubuh supaya terhindar dari terpaparnya virus corona.

Isi dari banner-banner yang diletakkan di Desa Gondowangi berfariasi, mulai dari cara pencegahan penyebaran covid-19, cara menggunakan masker yang baik dan benar, tanda-tanda gejala covid-19, etika batuk, protokol new normal, cara mencuci tangan, dan cara menjaga diri dari virus covid-19.

Pemasangan banner tersebut tentu tidak luput dari bantuan bapak-bapak perangkat desa Gondowangi yang dilakukan dengan gotong royong. Sebagai koordinator PMM UMM Kelompok 13 Gelombang 10, Muhammad Fahad mengatakan bahwa kegiatan pemasangan banner ini tidak akan terlaksana dengan baik tanpa bantuan dari bapak-bapak perangka desa. Sehingga kegiatan ini diharapkan tidak hanya bermanfaan untuk menyadarkan masyarakat desa mengenai bahaya covid-19 tetapi juga dapat meningkatkan sikap saling gotong royong antar warga guna menjadikan desa yang aman dari penyebaran virus corona.

Kegiatan pemasangan banner ini dilakukan dengan meletakkan masing-masing dua banner berukuran 2,5 x 1,5 meter di setiap dusun. Terdapat empat dusun di Desa Gondowangi diantaranya Dusun Wiloso, Dusun Pohbener, Dusun Dawuhan-Rekesan, dan Dusun Gedangan.

Banner-banner ini juga tidak diletakkan disembarang tempat melainkan diletakkan di tempat-tempat yang strategis seperti di samping gapura masuk Desa Gondowangi, di beberapa pertigaan, tikungan dan tempat yang berpotensi sering dilewati orang banyak.

PENULIS : Nama : Zahrotun Nafi’ah

DPL : Khusnul Hidayat

Profesi : Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)