Saat Batik Penataran Ageng Cahaya Palah Naik Pamor Di Marketplace Akibat Ulah Mahasiswa UMM

Saat Batik Penataran Ageng Cahaya Palah Naik Pamor Di Marketplace Akibat  Ulah Mahasiswa UMM Mahasiswa PMM UMM Gelombang 19 dengan batik Penataran Ageng Cahaya Palah. Foto Louis Mareta

Blitar, kabarwarta.id - Saat Batik PANATARAN AGENG CAHAYA PALAH naik pamor di Marketplace akibat ulah mahasiswa UMM. Batik merupakan warisan budaya yang dimiliki Indonesia yang harus dibanggakan dan dilestarikan. Macam-macam batik pun beragam mulai dari batik tulis,batik cap,batik printing yang memiliki banyak motif motif yang penuh dengan filosofi.

Setiap daerah memiliki jenis,motif dan makna yang berbeda-beda sesuai dengan ciri khasnya. Di daerah Blitar motif batik yang terkenal saat ini adalah Cakra Pala. UMKM ini berupa Batik tulis dan Batik cap yang didirikan oleh Ibu Daimatul Khasanah,kami diajarkan cara membuat batik cap dengan berbagai motif.

Teknik dari batik cap adalah dengan menggunakan canting cap yang bentuknya mirip seperti stempel dengan berbagai bentuk. Dalam pembuatannya, kami mencapkan canting cap yang telah dipanaskan pada lilin malam diatas permukaan kain,setelah itu batik diwarna menggunakan pewarna remasol kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari, lalu kain batik yang sudah kering dicelupkan pada “waterglass” untuk mengunci warnanya,kemudian dibiarkan selama 6 jam lalu direbus pada air yang sudah mendidih.

Kain dicuci pada air mengalir dan dijemur hingga kering dan kain batik siap untuk dikemas dan dipasarkan. Kisaran harga batik tulis dan cap mulai dari 100-500 ribu, harga kain batik sendiri beragam tergantung dari motif dan tingkat kesulitannya.

Bagi para peminat batik dapat mengunjungi akun media sosial UMKM Batik Panataran Ageng Cahaya Palah atau menghubungi contact person di bawah ini. Dengan adanya program ini, kami selaku mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang berharap agar batik Tulis dan Cap ini dapat diminati oleh masyarakat, karena memiliki corak yang unik dan menjadi ciri budaya Indonesia. 

Data Penulis :

Nama : Louis Mareta

Email : maretarc@gmail.com